in ,

Perut Makin Buncit Meski Rajin Latihan Sit-Up, Kenapa Ya?

latihan sit-up
Foto: Shutterstock

Ngobrolin.id — Banyak yang menyebutkan kalau latihan sit-up dapat membentuk otot perut. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus dan tanpa latihan lainnya, ternyata sit-up hanya bakal membuat perut tambah buncit, lho. Menurut ahli nutrisi olahraga Mury Kuswari, latihan sit-up yang berujung perut makin buncit karena kesalahan persepsi seseorang.

latihan sit-up
Foto: Shutterstock

“Tahunya ingin (memiliki) perut rata atau enggak buncit kan dengan latihan sit-up. Hal ini membuat seseorang fokusnya sit-up terus. Sebenarnya, enggak begitu. Harus ada variasi latihan yang lain juga. Jangan hanya sit-up,” ujar Mury.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bila hanya latihan sit-up saja memang otot di sekitar perut terbentuk, tapi lemak tidak akan berkurang. Pada akhirnya, hasil yang diperoleh malah membuat perut terlihat lebih buncit.

Selain sit-up, variasi latihan yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan perut buncit di antaranya angkat beban dan latihan kardio (seperti jalan kaki, jalan cepat, dan bersepeda).

“Cara mengatasinya dengan latihan beban. Kenapa harus latihan angka beban? Karena latihan ini membuat otot meningkat (bertambah), yang mana mitokondrianya makin besar. Mitokondria itu sel yang bertugas mendistribusikan lemak. Kalau mitokondrianya makin besar, maka distribusi lemak akan semakin banyak,” papar Mury.

Menurut Mury, perut merupakan tempat tubuh menyimpan lemak. Intinya, perut adalah ‘gudang’ lemak. Ini karena jaringan lemak pada perut sangat banyak. Jadi, menjaga perut agar tidak buncit harus dengan melakukan latihan yang bervariasi.

rebus mi instan bersamaan dengan bumbunya

Bahaya! Jangan Rebus Mi Instan dengan Bumbunya

ditaksir berondong

Apa yang Harus Kamu Lakukan Kalau Ditaksir Berondong?