in

Pesona Tiga Danau Wisata Andalan Indonesia

danau wisata
Foto: instagram danautobaindonesia

Ngobrolin.id — Indonesia merupakan negara kepulauan. Pantai dan dataran tingginya banyak yang menjadi lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Tapi ternyata, danau yang merupakan perairan di tengah pulau tak kalah menarik sebagai destinasi liburan, lho. Ini dia tiga pesona danau wisata menjadi andalan di Indonesia.

Danau Toba

Terletak di Povinsi Sumatera Utara, danau ini adalah danau terbesar di Indonesia. Saking besarnya, sebuah pulau berada di tengah-tengah danau ini dan harus ditempuh dengan perjalanan kapal.

Danau ini muncul pada 77.000 tahun yang lalu karena ledakan gunung berapi yang sangat dahsyat sehingga bagian gunung ikut berhamburan dan membentuk cekungan. Cekungan ini terisi air hingga sekarang dan jadilah Danau Toba.

Keindahan pemandatangan danau yang dilihat dari ketinggian, serta udara alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya wisatawan dari Sumatera, tetapi juga dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

Di sini, kamu bisa datang ke Air Terjun Sipiso, Bukit Indah, Museum Batak, dan Pantai Pasir Putih. Pastikan cuaca cerah dan tidak badai ya saat berkunjung ke sini karena perjalanan akan ditempuh dengan kapal.

Pura Ulun Danu Bratan Bedugul Bali

Berbicara soal lokasi wisata di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari Bali. Budayanya yang masih tertanam kuat ditambah lingkungannya yang asri menjadikan Bali sebagai daerah favorit di hati pelancong.

Kalau kamu berkunjung ke Bali dan sudah bosan mengunjungi pantai, kamu bisa coba datang ke Pura Ulun. Keunikan pura ini adalah ia berada di tepian Danau Bedugul. Dalam bahasa Indonesia, ulun berarti tepi dan danu berarti danau. Danau ini terletak di Tabanan, Bali.

Karena terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, udara di sini pun sangat sejuk. Siang hari, kabut tipis akan menyelimuti pura. Selain itu, di depan objek wisata ini terdapat Candi Bentar. Lokasi ini juga cocok untuk berfoto karena terdapat kebun bunga dan arsitektur khas Bali.

Danau Kalimutu

Salah satu destinasi wisata yang sudah mendunia ini memang menakjubkan. Nggak cuma satu, tapi ada tiga warna sekaligus. Hal ini karena adanya gas, suhu, dan mikroba yang berubah-ubah dalam danau.

Terletak di Taman Nasional Kelimutu, Flores, danau ini memiliki nama yang berbeda-beda antara lain Tiwi Ata Mbupu berwarna hijau, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai berwarna hijau lumut, dan Tiwu Ata Polo yang paling sering berubah warna. Perubahan warna ini pertama kali terjadi sejak Gunung Kelimutu meletus pada 1886.

Danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai adalah yang paling dalam dibandingkan dua danau lainnya. Walaupun terletak berdekatan dengan gunung berapi, ancaman terbesar danau ini justru bukan karena potensi letusan, melainkan para wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Duh, jangan gitu ya, guys.

HUT Lazada ke-7

Super Party untuk Rayakan HUT Lazada Ke-7

startup kesehatan

Intip Startup-startup Kesehatan di Indonesia