in ,

Pilih Daging Tanpa Lemak, Kenapa Demikian?

Daging tanpa lemak
Foto: pixabay

Ngobrolin.id Daging tanpa lemak sering kurang diminati. Alasannya, rasa daging ini tidak seenak bagian daging lain yang kaya akan lemak. Padahal, ada beberapa alasan mengapa memilih daging tanpa lemak harus dipertimbangkan.

Daging menjadi sumber protein yang dengan mudah bisa didapatkan. Olahannya pun sangat beragam sehingga orang tidak mudah bosan. Daging sendiri tidak terdiri dari benar-benar daging. Terkadang, ada bagian lemak yang menempel pada daging. Yang dimaksud dengan daging tanpa lemak adalah bagian daging dengan lemak yang menempel sangat sedikit.

Kandungan kalori daging tanpa lemak dan daging berlemak jelas berbeda. Ini menjadi alasan utama. Tingginya kalori akan berpengaruh terhadap metabolisme tubuh.

Satu gram lemak berarti mengandung 9 kalori. Sementara, satu gram protein setara dengan 4 kalori. Jika kamu sedang diet rendah kalori, tentu saja memilih daging tanpa lemak bisa jadi solusi. Daging tanpa lemak dapat membantu mendapatkan asupan protein yang tinggi. Selain itu, asupan kalori pun akan lebih rendah.

Cara memilih daging tanpa lemak sebagai berikut.

Pertama, pilih bagian daging yang memang sedikit mengandung lemak. Daging sapi yang rendah lemak biasanya di bagian dalam, sekitar leher, sirloin atau has luar, dan tenderloin atau has dalam.

Pada daging kambing yang paling sedikit mengandung lemak terdapat di has dalam, sekitar punggung, dan kaki. Pada ayam, daging yang paling tidak berlemak terdapat di aera dada tanpa kulit.

Kedua, dengan membaca label kemasan. Pilih daging yang memiliki label ‘daging pilihan’ atau dalam bahasa Inggris tertulis ‘choice’ atau ‘select’. Daging dengan label ‘prime’ biasanya mengandung lebih banyak lemak.

Jika daging sudah dikemas, perhatikan label pada kemasan tersebut. Daging tanpa lemak biasanya memiliki persentase daging yang lebih tinggi. Biasanya, daging tersebut bernilai lebih dari 90 persen daging.

Daging giling sering kali tidak diketahui berasal dari bagian hewan sebelah mana. Solusinya adalah dengan memilih daging yang memiliki persentase daging lebih dari 90 persen. Biasanya jika di bawah angka tersebut, campuran daging giling itu bisa beragam, termasuk lemak.

telepon jadul

Telepon Jadul Ini Pernah Jadi Paling Hits

tips menata koper

Tips Menata Koper saat Mudik