in

Pizza tapi Kotak? Ini Pizza Al Taglio

pizza al taglio
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Selama ini, pizza dikenal memiliki bentuk bulat. Pun jika sudah dipotong, bentuk pizza menjadi segitiga. Tapi, pernahkah kamu mendengar pizza yang berbentuk kotak? Namanya pizza al taglio, dan makanan ini merupakan pizza dengan bentuk kotak sesuai loyang.

Pizza al taglio dikenal juga sebagai pizza al trancio. Dalam bahasa Italia, kata itu berarti ‘dengan potongan’. Pizza ini merupakan variasi pizza yang dibuat di atas loyang berbentuk persegi panjang.

Selain pembuatannya, pizza ini juga dijual dengan bentuk kotak atau persegi panjang tergantung beratnya. Biasanya, satu porsi pizza al taglio dijual dengan berat 100 gram.

Pizza jenis ini pertama kali diperkenalkan di Roma, Italia, dan menjadi umum di Italia hingga kini. Di toko-toko tradisional, kamu bisa menjumpai pizza al taglio dijual di toko pizza atau toko roti pada umumnya. Pizza yang dijual biasanya dimasak dengan dibakar di atas oven dengan bahan bakar kayu.

Kini, penjualan pizza al taglio dibuat dengan oven elektrik. Bentuknya yang persegi panjang memudahkan untuk pemotongan dan pembagian sesuai dengan keinginan pelanggan. Terkadang, pelanggan menginginkan porsi yang berbeda.

Biasanya, pizza dimakan langsung di dalam restoran. Meskipun demikian, ada pula yang membawa pulang dan memakannya di luar restoran, seperti di bagian plaza atau teras restoran.

Menu paling sederhana dari pizza al taglio adalah varian pizza Margherita. Bahan-bahan yang digunakan sebagai topping ini adalah saus tomat, keju, dan daun basil. Sementara, varian lainnya adalah pizza bianca yang menggunakan topping berupa minyak zaitun, daun rosemary, dan bawang putih. Tak ketinggalan, pizza rossa yang hanya diberi saus tomat.

Kini pizza al taglio biasa disajikan dengan berbagai topping. Kamu bisa memilih menggunakan mulai dari artichoke, asparagus, terung, campuran daging dan bawang, kentang, daging ham prosciiutto, salami, sosis, jamur truffle, zuchini, tomat kering dengan siraman minyak zaitun, tanaman arugala, keju biru gorgonzola, ikan teri, hingga zaitun hitam.

Tak hanya di Italia, kepopuleran pizza al taglio ternyata juga merambah Argentina dan Malta, di mana penduduknya juga banyak mengonsumsi pizza ini sebagai makanan ringan atau santapan. Di Amerika Serikat, jenis pizza ini juga tak kalah populer.

Setiap daerah mengembangkan pizza sesuai latar kebudayaan masing-masing. Jenis topping dan pinggiran pizza juga dibuat menyesuaikan selera setempat. Kalau kamu, sukanya pizza apa nih?

novel terbaik Tere Liye

Yuk, Baca Rekomendasi Novel Terbaik Tere Liye

monitor khusus gaming tercepat di dunia

LG Luncurkan Monitor Khusus Gaming Tercepat