in

Pola Makan ini Bisa Bantu Cegah Gagal Ginjal

Agar tidak terkena penyakit mematikan ini.

mencegah penyakit gagal ginjal
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Tidak bisa dimungkiri bahwa pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan jasmani seseorang. Pola makan yang baik bisa membantu kita terhindar dari penyakit tertentu. Pun, pola makan bisa digunakan untuk mencegah penyakit gagal ginjal yang hingga kini belum ditemukan obatnya ini.

Orang dengan gejala penyakit gagal ginjal bisa dideteksi dari beberapa ciri-ciri di antaranya rasa lelah, lemas, letih, dan sering muntah. Selain itu, kulit juga akan terasa kering dan gatal.

Jika sudah parah, penderita gagal ginjal bisa mengalami kencing berdarah ataupun kencing berbusa. Pembengkakan juga akan dialami oleh penderita di beberapa bagian tubuh seperti kaki, lengan, tangan, dan wajah karena adanya akumulasi cairan berlebih.

Namun, deteksi yang paling akurat hanya bisa dilakukan dengan menggunakan uji laboratorium. Namun, penyakit gagal ginjal umumnya sudah terlambat dideteksi karena penderita sudah memasuki fase kronis terlebih dahulu sebelum melakukan uji laboratorium.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, ada cara yang mudah dan murah yang bisa kamu lakukan. Menjaga pola makan adalah salah satunya. Walaupun banyak penyebabnya, salah satu penyebab gagal ginjal adalah komplikasi dari diabetes dan hipertensi. Oleh karena itu, dengan mengatur pola makan pun kita bisa terhindar dari banyak penyakit sekaligus.

Langkah pertama dalam mengatur pola makan untuk mencegah gagal ginjal adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Hindari terlalu banyak mengonsumsi lemak dan purin, misalnya pada makanan yang terbuat dari jeroan.

Makanan yang mengandung purin ini bisa meningkatkan kadar asam urat. Asam urat tidak baik bagi kerja ginjal, dan dapat mengganggu fungsi kerja organ dalam tersebut.

Langkah kedua adalah menerapkan diet DASH. Diet ini ditujukan bagi penderita yang mengalami hipertensi. Caranya adalah dengan pengurangan lemak jenuh dan kolesterol pada makanan yang dikonsumsi.

Diet DASH akan menganjurkan pelakunya untuk banyak mengonsumsi makanan sumber protein, serat, vitamin, dan mineral dalam porsi yang lebih banyak. Kalau kamu ingin minum produk susu dan turunannya, pilihlah yang memiliki kadar lemak rendah.

Terakhir, perhatikan asupan GGL alias gula, garam, dan lemak. Jangan mengonsumsi garam lebih dari satu sendok teh, gula lebih dari 4 sendok makan, dan lemak lebih dari 5 sendok makan. Selamat mencoba!

dampak negatif kerja

Jangan Bawa Pulang Kerjaan!

minuman khas daerah

Minuman Khas Daerah Cocok Diminum Saat Gerah