in ,

Polisi Virtual Sudah Mulai Beroperasi Nih, Gengs!

fitur fleets
foto: Pixabay

Ngobrolin.id  Polisi virtual atau virtual police sudah mulai resmi beroperasi untuk mencegah tindak pidana pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Peran polisi virtual adalah menjaga kondisi lingkungan dunia media sosial agar tetap bersih, sehat, dan produktif.

Polisi ini akan lebih mengutamakan edukasi terlebih dahulu kepada pengguna yang kedapatan mengunggah konten negatif. Pengguna akan diedukasi bahwa kontennya melanggar pidana sehingga apa yang sudah diunggah sebaiknya jangan dilakukan kembali dan dihapus.

Dilansir dari cnnindonesia.com, polisi virtual akan memberikan peringatan ketika menemukan konten berupa tulisan, foto, atau video yang berpotensi dapat melanggar pidana. Setelah itu, penyidik akan mengambil bukti tersebut untuk dikonsultasikan dengan tim ahli yang terdiri atas ahli pidana, ITE, dan bahasa.

Setelah menurut para ahli unggahan tersebut termasuk pelanggaran pidana, seperti penghinaan dan sebagainya, unggahan akan diajukan ke Direktur Siber untuk memberikan pengesahan. Kemudian polisi virtual akan memberikan peringatan yang dikirim secara resmi ke akun yang sudah melanggar.

Peringatan akan terkirim melalui kolom pesan untuk menghargai pelanggar sehingga tidak ada yang tahu kecuali pihak yang berwajib dan pelanggar. Setelah pengguna menerima pesan peringatan tersebut, pihak kepolisian berharap pengguna dapat menghapus konten yang sudah dibuatnya.

Namun, jika pengguna enggan menghapus konten tersebut, peringatan akan terus diberikan. Jadi intinya, peringatan tersebut bakalan terus diberikan selama masih ada pihak yang merasa dirugikan dari unggahan tersebut.

Pihak yang merasa dirugikan dengan unggahan tersebut dapat melapor ke polisi. Nanti, polisi akan memfasilitasi kedua pihak untuk bermediasi agar proses kasus tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Nah, kalau dua tahapan di atas masih belum bisa membuat pengguna jera, kemungkinan besar langkah terakhir yang diambil adalah penegakan hukum.

Jadi, sebaiknya kamu tidak perlu khawatir dengan kehadiran polisi virtual. Sebab, mereka bertugas untuk menjaga lingkungan media sosial tanpa mengekang kebebasan kamu di ruang digital. Hingga saat ini sudah ada tiga akun yang ditegur oleh polisi virtual.

indosat dan tri

Kabar Merger Indosat dan Tri, Bener Gak Ya?

Milly & Mamet

4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Banget Nonton Milly & Mamet