in

Ponsel Lama Bisa Jadi Kamera CCTV, Begini Caranya!

ponsel lama bisa jadi kamera CCTV
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Setelah membeli yang baru, bukan berarti kamu harus membuang ponsel lama begitu saja. Ada banyak yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan ponsel lamamu itu. Kalau tahu caranya, ponsel lama bisa jadi kamera CCTV, lho. Nah, berikut cara menggunakan ponsel lama menjadi kamera monitor, melansir CNN Indonesia.

Siapkan ponsel

Untuk mempraktikkan ini, dibutuhkan sebuah ponsel lama dan ponsel baru. Pastikan juga ponsel lama masih berfungsi dengan baik.

Pasang aplikasi CCTV

Ada beberapa aplikasi yang dapat memiliki fitur serupa. Dikutip dari Cnet, salah satu aplikasi yang disarankan adalah ‘Alfred’ karena dapat digunakan pada ponsel sistem operasi android ataupun iOS. Namun, pengguna harus meng-upgrade aplikasi premium agar mendapatkan fitur yang lebih lengkap seperti resolusi tinggi dan penyimpanan data cloud selama 30 hari.

Unduh aplikasi pada kedua ponsel yang akan digunakan. Pada ponsel baru, pilih “viewer”, lalu “next”. Sign-in menggunakan akun Google. Ulang cara yang sama pada ponsel lama dan pastikan menggunakan akun yang sama.

Letakkan ponsel CCTV di tempat yang dinginkan

Pilih lokasi yang strategis untuk mencakup wilayah yang akan dimonitor. Misalnya, menghadap pintu masuk rumah, garasi, ruang keluarga, atau pada kamar bayi. Gunakan tripod khusus ponsel agar ponsel dapat berdiri. Untuk mendapatkan sudut yang lebih luas, bisa juga membeli lensa wide ponsel di toko online.

Ingat, ponsel tetap butuh baterai. Ketika merekam video, ponsel akan bekerja lebih ekstra dan akan menghabiskan baterai. Pastikan letak ponsel dekat dengan sumber listrik agar dapat digunakan saat diisi ulang.

Minum teh biasanya dilakukan saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Sejak dulu, teh menjadi teman membaca koran yang nikmat. Tapi, pernahkah kamu membayangkan dapat meminum secangkir teh termahal yang harganya jutaan rupiah?

Secangkir Teh Termahal, Harganya Rp2,8 Juta

menemukan teman terbaik untuk anak

Cara Bantu Menemukan Teman Terbaik untuk Anak