in ,

Profil Kamala Harris, Wapres Amerika Pertama Keturunan Asia

Cawapres yang menemani Joe Bidden

Kamala Harris
foto: instagram @kamalaharris

Ngobrolin.id — Joe Biden dan Kamala Harris sudah dipastikan memenangkan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Amerika Serikat dengan raihan suara elektorial yang tidak jauh berbeda dengan lawannya, yaitu Donald Trump dan Mike Pence.

Joe Biden akan menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-46 dan Kamala Harris menjadi wanita keturunan Asia pertama yang berhasil menduduki kursi nomor dua di Gedung Putih.  Pasangan tersebut akan dilantik pada Januari 2021 mendatang dan akan memimpin Amerika Serikat selama empat tahun.

Salah satu yang menarik perhatian dari pemilu kali ini adalah sosok Kamala Harris yang bersanding dengan Joe Biden. Kamal Harris merupakan senator dan mantan Jaksa Agung California.

Nama lengkap Wakil Presiden wanita ini adalah Kamala Devi Harris, lahir pada 20 Oktober 1964 di Oakland, California. Ia merupakan keturunan Afrika-Amerika dan Asia Selatan yang berhasil menjadi orang nomor dua di AS.

Dikutip dari liputan6.com, ayah Kamala merupakan seorang ahli ekonomi yang berasal dari Jamaika, yaitu Donald Harris. Sementara, ibunya bernama Shyamala Gopalan berdarah India, peneliti kanker yang meraih gelar doktor di University of California, Berkeley.

Kamala meraih gelar sarjana hukum di Hastings College pada 1986 dan pernah menempuh pendidikan ilmu politik di Howard University. Pada 1990, Kamala mulai bekerja sebagai Wakil Jaksa Wilayah di Alameda County, California. Lalu, menjadi Jaksa di wilayah  Oakland pada 2004 dan menjadi Jaksa Agung di California pada 2010.

Pada 2014, ia dikabarkan menikah dengan Douglas Emhoff yang berprofesi sebagai pengacara. Pernikahan tersebut berlangsung di Gedung Pengadilan Santa Barbara. Saat ini, Kamala memiliki dua anak tiri yang dibawa oleh Douglas Emhoff dari pernikahannya yang pertama, kedua anak tersebut bernama Cole dan Ella. Mereka memangil Kamala dengan sebutan Momala.

Nama panggilan dari kedua anaknya tersebut merupakan salah satu hal yang paling berharga dalam dirinya, meskipun ia akan menyandang gelar Wakil Presiden.

Pada pemilu 2016, Kamala berhasil mendapatkan posisi sebagai Senat California. Wanita yang berusia 56 tahun kini akan resmi menjadi Wakil Presiden, menemani Joe Biden memimpin Amerika Serikat.

 

 

 

dilarang untuk tidur

Waktu-waktu yang Dilarang untuk Tidur

tiket gratis untuk guru

KAI Bagikan Tiket Gratis untuk Guru dan Tenaga Kesehatan, Begini Syaratnya!