in ,

Prosopagnosia, Ketidakmampuan Mengenal Wajah Seseorang

penyakit yang menyebabkan orang tidak bisa menghafal wajah seseorang

prosopagnosia
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Bagi pengidap prosopagnosia, mengingat wajah orang menjadi hal yang paling menyulitkan. Penyakit ini merupakan penyakit langka yang dikenal juga sebagai kebutaan wajah. Penderita akan mengalami kondisi yang menyebabkan dirinya sering lupa dengan wajah seseorang meskipun sudah sering bertemu dan akrab.

Prosopagnosia berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas dua kata, yaitu ‘prosopon’ yang artinya wajah dan ‘agnosia’ berarti ketidaktahuan. Gejala dari penyakit ini cukup bervariasi. Ada yang kesulitan membedakan antara hidung dan mata. Ada pula yang kesulitan mengenali bagian wajah ketika bertemu kedua kalinya.

Ternyata, ada beberapa aktor yang diketahui mengidap penyakit prosopagnosia. Namun, nyatanya penyakit ini bukanlah penghalang besar. Hal ini karena aktor-aktor tersebut tetap bisa berkarya di dunia peran dengan baik. Berikut ini ulasan beberapa artis yang mengidap prosopagnosia.

Brad Pitt

Aktor Hollywood tampan ini sering dianggap sombong karena sering lupa sama wajah seseorang yang sudah pernah ditemuinya. Namun, aktor tersebut akhirnya buka suara. Ia mengaku mengidap penyakit yang membuatnya sulit mengenali wajah orang.

Penyakit tersebut membuat Brad Pitt kesulitan mengingat wajah orang-orang yang pernah ditemuinya. Ia sering kali membuat orang tersinggung karena tidak bisa mengingat wajah orang yang ditemuinya. Padahal, ia sama sekali tidak ada maksud untuk menyinggung mereka.

Brad Pitt membutuhkan informasi lebih detail dari orang yang ditemuinya, seperti kapan pernah bertemu sebelumnya. Namun sayangnya, hal tersebut justru membuat orang menjadi jengkel. Penyakit ini sempat membuatnya sakit kepala sehingga enggan untuk pergi keluar rumah.

Oh Jung Se

Aktor yang mengisi salah satu peran dalam film drama It’s Okay Not To Be Okay juga mengidap penyakit prosopognasia. Aktor yang sudah berumur 43 tahun tersebut memerankan tokoh Moon Song Tae dengan sangat baik. Oh Jung Se sudah memulai kariernya di dunia entertainment sejak 2013 pada film komedi yang berjudul How to Use Guys with Secret Tips.

Pada 2017, aktor ini menerima penghargaan dalam dunia peran. Dan pada 2020, ia berhasil meraih Golden Acting Award melalui drama Missing 9.

Di balik kesuksesannya dalam dunia peran, Oh Jung Se ini mengidap penyakit buta wajah yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Penyakit ini menyebabkan Oh Jung Se pernah tidak mengenali wajah anaknya sendiri. Selain itu, ia kesulitan untuk mengenali wajah selebritas lainnya.

pebasket sombong

Kenalan dengan ‘Pebasket Sombong’ Denny Sumargo

parkir khusus sepeda

Perkantoran dan Pusat Perbelanjaan Wajib Menyediakan Parkir Khusus Sepeda