in

Psst… Alat-alat Ini Bisa Akibatkan Jerawat

Jangan lupa rajin mencuci, ya!

Penyebab jerawat
Foto: freepik

Ngobrolin.id Penyebab jerawat bisa karena apa saja. Mulai dari hormon, penggunaan produk perawatan, asupan makanan, hingga alat-alat yang bersentuhan dengan wajah. Tidak menampik kemungkinan bila penggunaan alat tertentu justru memicu kulit wajahmu untuk tumbuh jerawat.

Alat make up dan skin care

Penggunaan alat make up bisa memicu jerawat, lho. Terutama jika peralatan make up dan pengaplikasi skin care yang kamu gunakan dalam keadaan tidak bersih. Salah satu yang perlu kamu waspadai adalah penggunaan facial roller.

Jika digunakan dalam keadaan tidak bersih, alat ini justru akan menyumbat kotoran dan minyak di dalam pori-pori wajah. Akibatnya, pori-pori pun tersumbat dan memicu adanya jerawat. Solusinya adalah mencuci peralatan make up dan pengaplikasi skin care secara rutin.

Peralatan olahraga, mandi, dan tidur

Apakah kamu menyukai olahraga yoga? Biasanya, yoga dilakukan dengan menggunakan matras sebagai alas. Sayangnya, tidak semua pihak penyedia layanan yoga membersihkan matras ini secara rutin dan benar-benar bersih, lho. Solusinya, kamu bisa membeli matras sehingga bisa kamu bersihkan kapan pun dibutuhkan.

Selain alat olahraga, kebersihan alat mandi juga tak kalah penting. Handuk adalah alat pengering yang biasa digunakan sehabis mandi. Sayangnya, belum banyak orang yang memisahkan handuk wajah dengan handuk badan. Padahal, wajah jauh lebih sensitif ketimbang bagian tubuh lain sehingga sebaiknya dipisah.

Satu lagi yang sering orang lupakan adalah mencuci sprei dan sarung bantal secara rutin. Jika tidak, kemungkinan sarung bantal dan sprei menyimpan bakteri dan kotoran yang bisa memicu jerawat pada wajahmu. Terlebih, kita menggunakannya selama setiap hari, bukan?

Helm dan pelindung kepala

Apakah kamu seorang bikers? Pengendara sepeda motor pasti menggunakan helm saat berkendara sehari-hari. agar terhindar dari jerawat, perhatikan kebersihan helm yang kamu gunakan. Kamu bisa mencucinya ketika sudah kotor dan butuh dibersihkan.

Tak hanya helm, pelindung kepala lain juga perlu dibersihkan secara berkala. Sebut saja topi, bandana, kain hijab, hingga syal yang kotor dapat membuat kulitmu berjerawat. Sebaiknya, pastikan penutup kepala apa pun yang kamu gunakan dalam keadaan bersih.

Gadget

Terakhir, tak banyak yang menyangka jika gadget alias gawai juga bisa memicu jerawat. Jerawat ini bisa muncul jika kita menempelkan ponsel pada wajah tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Padahal, bisa jadi tangan kita dalam keadaan kotor saat memegangnya.

konser LANY

Hits! Lagu LANY yang Harus Masuk Playlist-mu

Hari Ulang Tahun Republik Indonesia

Hal-hal yang Ditunggu dari Tanggal 17 Agustus