in ,

Psst… Ini Asupan untuk Diet Keto

asupan untuk diet keto
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai salah satu bentuk diet paling banyak diminati, kamu harus perhatikan asupan untuk diet keto saat menjalaninya, lho. Diet keto sendiri merupakan nama lain dari diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Prinsip diet keto hampir mirip dengan diet Atkins dan diet rendah karbohidrat lainnya. Tujuannya, agar tubuh mencapai tahap ketosis, yakni tubuh akan membakar lemak sendiri sebagai sumber energi utama. Namun, tanpa asupan yang benar, alih-alih menyeimbangkan berat badan justru akan membuat kebutuhan nutrisi tubuh jadi tidak terpenuhi.

Konsumsi karbohidrat yang berkurang akan diimbangi dengan konsumsi lemak yang ditambah. Selain itu, konsumsi protein juga harus dipenuhi. Standar diet keto bisa dilihat dari pola makan berupa 75 persen lemak, 20 protein, dan 5 persen karbohidrat.

Sementara, diet keto tinggi protein memiliki pola konsumsi protein yang lebih tinggi. Pola makan ini meliputi 60 persen lemak, 5 persen karbohidrat, dan 35 persen protein.

Walaupun menambah jumlah asupan lemak, jenis lemak yang dikonsumsi pun ternyata bukan sembarang lemak, lho. Pastikan tubuh mendapat asupan lemak tidak jenuh. Sebab, lemak jenuh bisa memicu penyakit jantung dan kolesterol.

Beberapa makanan yang bisa memenuhi kebutuhan asupanmu adalah telur, terutama telur kaya akan omega tiga. Berbagai jenis daging juga baik untuk kamu konsumsi, baik daging merah, daging ayam, dan kalkun maupun produk olahan daging. Tidak masalah untuk mengonsumsi steak dan sosis serta produk olahan daging lain.

Selain daging, lemak dan protein juga banyak terkandung pada ikan. Jenis ikan yang direkomendasikan untukmu adalah ikan tuna, salmon, dan makarel. Begitu pula dengan olahan susu seperti krim, mentega, ataupun keju.

Walaupun pola konsumsi yang mengunggulkan lemak, tubuh juga tetap butuh serat, vitamin, dan mineral untuk bertahan hidup. Terutama serat, kebutuhan zat-zat tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai kacang dan biji-bijian. Mulailah konsisten mengonsumsi almond, wijen, chia, hingga biji labu.

Selain sayur, buah juga baik untuk menunjang diet yang satu ini. Buah yang paling direkomendasikan untuk menjalani diet ini adalah avokad. Avokad sendiri merupakan buah yang kaya akan lemak nabati. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun dalam bentuk olahan seperti jus buah.

Konsumsi buah dan sayur bisa juga dengan dibuat salad. Kamu bisa gunakan salad dressing berupa minyak zaitun, minyak avokad, ataupun minyak kelapa. Terakhir, jangan lupa konsumsi garam, merica, dan berbagai rempah alami. Selain memberikan cita rasa masakan, bumbu ini juga berguna karena tubuh akan kehilangan banyak natrium saat melakukan diet keto.

5 jenis halusinasi

5 Jenis Halusinasi yang Mungkin Pernah Kamu Alami

cara mengurangi bibir kering

Hindari Bibir Kering dengan Cara-cara Ini