in

Psst… Minuman Ini Tidak Baik untuk Ginjal

Perhatikan asupan minuman yang kamu konsumsi, ya

minuman tidak baik untuk ginjal
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Selain air, tubuh kita biasa mendapatkan asupan minuman dari berbagai sumber. Mulai dari segelas es teh manis saat makan siang sampai secangkir kopi yang diminum di kedai kopi langganan. Tapi, tahukah kamu bahwa beberapa minuman tidak baik untuk ginjal?

Soda

Minuman yang satu ini biasa disajikan satu paket dengan makanan cepat saji. Kamu juga akan mendapati minuman bersoda dijual bebas di berbagai minimarket, swalayan, hingga warung pinggir jalan. Rasanya yang unik membuat penggemarnya menyukai minuman yang satu ini.

Namun, di balik kesegaran minuman bersoda, ternyata minuman ini menyimpan bahaya yang cukup besar. Orang yang mengonsumsi minuman soda secara rutin memiliki kemungkinan terkena serangan proteinuria lebih tinggi. Apakah proteinuria itu?

Penyakit ini disebut juga sebagai albuminuria atau urine albumin. Seperti namanya, penyakit ini memiliki ciri adanya protein albumin yang tinggi dalam urine. Hal ini tentu saja tidak boleh terjadi pada urine manusia normal. Adanya protein pada urine bisa menjadi indikasi kerusakan ginjal yang sudah parah.

Soda juga mengandung gula dalam jumlah yang sangat tinggi. Gula fruktosa yang umum digunakan dalam soda bisa merusak ginjal. Zat ini menyebabkan ginjal sensitif terhadap protein yang mengatur garam. Akibatnya, tubuh bisa berpotensi menderita gagal ginjal, hipertensi, dan banyak lagi.

Pemanis buatan

Tak hanya gula fruktosa yang berbahaya, beragam pemanis buatan pun ternyata tak kalah menebar ancaman bagi kesehatan. Pemanis buatan aspartam dan sakarin bisa menurunkan fungsi ginjal, lho. Kedua zat sintetik ini mudah ditemukan pada berbagai makanan olahan. Mulai dari minuman bersoda, minuman berenergi, dan jus buah kemasan.

Bagi penderita penyakit tertentu, mengurangi asupan gula bisa ditanggulangi dengan penggunaan pemanis buatan. Tapi, penggunaan yang berlebihan pun bisa membahayakan. Pemanis buatan juga umumnya mengandung garam natrium yang juga kurang baik untuk ginjal.

Minuman berkafein

Suka minum kopi? Dalam secangkir kopi 237 mililiter tanpa tambahan gula, kamu bisa mengonsumsi kafein berkisar 95—200 miligram. Jumlah kafein yang cukup tinggi juga ditemukan pada teh dan cokelat. Selain itu, kafein juga biasa ditambahkan untuk minuman bersoda dan minuman berenergi.

Kafein sudah lama dikenal memiliki kaitan dengan penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, perhatikan lagi asupan minuman berkafein yang kamu konsumsi sehari-hari.

 

mengobati diabetes

Mengobati Diabetes Harus Dibarengi dengan Ini

proyek NASA

Sudah Tahu Misi NASA Mengirim Manusia Ke Mars?