in ,

Pulau Plastik, Film yang Mengingatkan Indonesia Tentang Sampah Plastik

film pulau plastik
foto: instagram @pulauplastik

Ngobrolin.id Film Pulau Plastik sudah hadir di bioskop Jabodetabek mulai dari 29 April hingga 8 Mei 2021. Sebelumnya, film dokumenter ini sudah tayang lebih dahulu di Bali pada 22 April Lalu. Film ini dibuat oleh Visinema Pictures yang bekerja sama dengan Kopernik, Akarumput, dan WatchDoc serta disutradarai oleh Dandhy D. Laksono dan Rahung Nasution.

Film ini menggabungkan jurnalisme investigasi dengan budaya populer menyoroti persoalan sampah plastik yang masih menjadi persoalan yang tidak kunjung usai bagi Indonesia.

Dari puluhan ton sampah plastik yang terbuang setiap harinya, hampir sebagian besar sampah tersebut berakhir di laut dan terpecah menjadi mikroplastik serta termakan oleh biota laut. Biota laut tersebut ujung-ujungnya menjadi salah satu bahan pangan yang dikonsumsi oleh manusia.

Berangkat dari persoalan tersebut, Gede Robi (vokasli band rock Navicula), dan Pigi Arisandi (ahli biologi dan penjaga sungai asal Jawa Barat) menolak dan melawan penggunaan plastik sekali pakai. Perpaduan antara ilmu pengetahuan, aktivisme, dan kesenian membawa mereka berpetualang ke berbagai tempat untuk menelurusi sejauh mana jejak sampah plastik yang dibuang manusia masuk ke rantai makanan manusia itu sendiri.

Kandungan plastik yang berada di bahan pangan manusia bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Itu sebabnya mereka tergerak untuk melakukan aksi guna menghentikan sampah plastik tanpa menimbulkan masalah baru.

Sesampainya di Jakarta, Robi dan Prigi bertemu dengan Tiza Mafira, pengacara muda yang mendedikasikan dirinya untuk melobi beberapa petinggi untuk mengubah kebijakan tentang plastik sekali pakai. Robi, Prigi, dan Tiza akhirnya bekerja sama untuk mengatasi permasalahan sampah plastik.

Film Pulau Plastik kemungkinan besar akan ditayangkan juga di platform digital. Namun, saat ini penayangan film tersebut masih fokus untuk di bioskop terlebih dahulu.

Film ini juga sudah dibuat menjadi film series oleh Kopernik dan Akarumput. Tiap episodenya memiliki durasi selama 20 menit. Permasalahan yang diangkat masih seputar plastik sekali pakai, termasuk mikroplastik. Film series ini masih dibuat dengan nuansa filosofi Bali.

sumber kekayaan Bill gates

Sumber Kekayaan Bill Gates, Salah Satu Orang Terkaya di Dunia

gossip girl

Drama Serial Gossip Girl Bakal Diproduksi Ulang dan Dirilis Juli 2021