in

Punggung Nyeri Karena Duduk Kelamaan? Begini Cara Meredakannya

Atasi nyeri panggung dengan benar

punggung nyeri
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Jika kamu berpikir enak duduk seharian kerja di kantor dengan ruangan ber-AC dan full Wi-Fi, kamu salah. Justru, duduk seharian di kantor mengerjakan tugas sering menyebabkan punggung nyeri, padahal tugas kerjaan masih menumpuk.

Punggung nyeri bisa saja disebabkan oleh postur tubuh yang salah saat duduk, apalagi duduk yang dilakukan dalam jangka waktu cukup lama. Keluhan ini sering kali ditemukan oleh para pekerja, seseorang yang terlalu lama bermain hape, atau seseorang yang sedang berada di dalam perjalanan.

Posisi duduk tersebut menekan saraf-saraf yang berada di punggung sehingga membuat otot punggung menjadi kaku. Hal itulah yang menyebabkan punggung kamu nyeri jika terlalu lama duduk. Jika dibiarkan, rasa nyeri biasanya akan menjalar ke bagian tubuh lain, seperti kepala dan lengan. Untuk meredakannya, lakukan beberapa cara di bawah ini.

Stretching

Bangkit dari bangku dan lakukan stretching agar otot-otot tubuh kamu melemas. Kamu dapat memilih beragam jenis stretching yang kamu bisa. Tim Ngobrolin biasanya melakukan shouldder squeezze stretch, yaitu meletakkan tangan ke belakang badan, menautkan jari-jari tangan kanan dan kiri, lalu beri sedikit tarikan ke belakang.

Kamu bisa juga melakukan gerakan cow face pose, yakni dengan mempertemukan tangan kanan dan kiri di belakang badan. Tangan kanan datang dari atas, dan tangan kiri datang dari bawah. Lalu eratkan tangan kanan dan kiri, tahan beberapa saat, dan ulangi beberapa kali.

Rutin berolahraga

Dengan rutin berolahraga, mampu menjaga kesehatan punggung kamu. Hindari olahraga yang banyak membuat tubuh membungkuk.

Jalan-jalan sejenak

Jangan hanya duduk di meja kerja, biasakan berjalan-jalan kelilingi kantor. Atau, jalan ke wc juga dapat meregangkan otot punggung kamu, lho.

Kurangi sepatu berhak

Untuk kamu para perempuan, kamu bisa mengurangi pemakaian sepatu yang berhak tinggi. Gunakan sepatu yang nyaman di kaki serta nyaman digunakan untuk mobilitas.

Gunakan pereda nyeri

Kamu bisa menggunakan kompres dingin untuk ditempel ke bagian punggung untuk meredakan sakit, atau bisa menggunakan essensial oils yang memiliki efek menghangatkan.

potret band

5 Lagu Potret Band yang Populer Hingga Saat ini

beser di perjalanan

Cara Menangani Rasa Beser di Perjalanan