in

Punya Sahabat Seperti Ini? Pertahankan dan Jangan Lepaskan!

Yuk jaga persahabatan kita selalu

sifat sahabat
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Persahabatan tidak hanya dibangun dalam satu dua hari. Perlu waktu yang cukup lama dan konflik berulang kali untuk menguatkan ikatan tersebut. Sayangnya, sering kali kita merasa menyerah dan ingin berhenti dengan pertemanan ini saat masalah melanda. Padahal, ada beberapa sifat sahabat yang harus kamu perhatikan.

Seiring dengan bertambahnya usia, permasalahan yang kamu alami tentu semakin beragam. Sahabat yang baik tidak akan meninggalkanmu dalam keadaan terpuruk. Alih-alih, mereka justru akan membantumu bangkit kembali. Apakah sahabatmu juga demikian?

Hal-hal buruk yang terjadi di sekitar kita tersebut belum tentu berasal dari lingkungan yang tidak mendukung. Terkadang, kita sendirilah yang memperumit situasi dengan sifat kita yang menyebalkan. Lantas, bagaimana sifat sahabat yang baik?

Tentu saja mereka akan menegurmu. Bukan di depan umum dan mempermalukanmu, sahabat yang baik akan menegurmu langsung dan memberi tahu letak salahmu secara empat mata. Mereka tidak ingin kamu melakukan kesalahan yang sama.

Jika mereka diam saja dan memilih memendam rasa kesalnya dan menjadikannya bahan gunjingan, bisa jadi tanda bukan teman yang baik, tuh. Kamu juga harus melakukan hal yang sebaliknya kepada sahabatmu, ya.

Masalah tidak hanya terjadi antara kamu dan orang lain. Sering kali, konflik juga terjadi di antara kalian berdua. Namun, sahabat yang baik akan memaafkan kesalahanmu dan mau memulainya kembali. Ia memang tidak akan melupakannya, bukan berarti hal tersebut membuat rasa sayangnya kepadamu berkurang.

Demikian pula dengan masalah yang menimpa kalian, sifat sahabat yang harus kamu pertahankan adalah tidak mengumbarnya ke publik. Selain gemar menggunjing, tipe sahabat yang musti kamu jauhi adalah sahabat yang suka memamerkan rahasiamu ke khalayak ramai.

Terakhir, kamu harus mempertahankan sahabatmu jika dia turut bahagia atas keberhasilan yang kamu capai. Tidak mudah, lho, bagi seseorang untuk merelakan orang lain benar-benar bahagia atas pencapaianmu. Jika hal tersebut benar ada pada sifat sahabatmu, kamu nggak boleh meragukan lagi kesetiakawanannya.

Memiliki sahabat yang sempurna adalah hal mustahil karena semua orang punya kekurangan. Namun, memiliki sahabat yang baik akan membuat hidupmu jauh lebih bermakna. Bagaimana cara mencarinya? Pastikan kamu sendiri sudah memiliki kriteria sifat tersebut, ya. Tidak hanya mencari, kamu juga harus menjadi.

manisan buah

Berkenalan dengan Aneka Manisan Buah, Mana Favoritmu?

anak mengalami perundungan

Moms, Lakukan Ini Jika Anak Mengalami Perundungan di Lingkungannya