in

Pusing Saat Baca Buku di Kendaraan? Ternyata Ini Sebabnya

Walaupun menghibur saat sedang dalam perjalanan, baca buku dalam kendaraan nggak dianjurkan, lho.

baca buku di dalam kendaraan
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Membaca buku jadi salah satu kegiatan mengisi waktu luang yang menyenangkan. Apalagi jika sudah menemukan buku yang sangat disuka, membaca bisa dilakukan sampai lupa waktu. Tapi, sebaiknya kamu jangan baca buku di dalam kendaraan karena bisa bikin pusing kepala. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Para neuroscientist berpendapat bahwa rasa pusing yang dialami ini terjadi karena ada pemikiran bahwa otak teracuni. Ketika kamu membaca dalam kendaraan yang bergerak, otak akan mengira bahwa tubuh sedang kemasukan racun. Oleh karena itu, otak akan memerintahkan tubuh untuk  mengeluarkan racun tersebut.

Caranya adalah dengan membuat kepala merasa pusing dan perut menjadi mual. Selain itu, membaca dalam kendaraan yang bergerak ternyata bikin otak jadi kebingungan, lho. Hal ini karena kita berada dalam mobil yang bergerak tapi tubuh kita dalam keadaan diam.

Tubuh kita memang tidak bergerak namun tubuh kita berpindah tempat. Cairan di dalam telinga manusia pun mengirimkan sinyal kalau kamu sedang bergerak. Padahal, kamu diam.

Peristiwa itu akan membuat kita semakin pusing dan mual. Jika dibiarkan, kita benar-benar bisa muntah, lho, saking mualnya. Risiko ini akan meningkat pada anak-anak karena mereka masih dalam masa pertumbuhan.

Hmm… kalau membaca tidak disarankan dalam perjalanan dan malah bikin otak kebingungan, terus kalau bosan di jalan kita harus ngapain dong?

Kamu bisa mendengarkan musik dari playlist berisi musik-musik favoritmu. Sambil menunggu perjalanan sampai ke tempat tujuan, kamu bisa menikmati suara merdu penyanyi kesukaanmu.

Kalau kamu suka bernyanyi, kamu bisa sambungkan lagu favoritmu ke speaker dalam kendaraan. Nyanyikan bersama teman-teman agar tak terasa dan tahu-tahu sudah sampai tujuan.

Kamu juga bisa berbincang bersama rekan perjalananmu. Ngobrolin berbagai macam hal selalu mengasyikkan bukan. Mau pergi bersama teman dekat, keluarga, ataupun orang asing yang baru dikenal sekalipun bisa bikin waktu cepat berlalu.

Kalau bingung mencari bahan obrolan, kamu bisa baca-baca website Ngobrolin.id karena di sini banyak banget hal menarik yang bisa kamu gali. Kamu pun nggak ketinggalan informasi terkini.

Cara lain agar tidak mual dan pusing dalam kendaraan yang terakhir adalah tidur. Sebagian orang kesulitan tidur dalam perjalanan karena tempatnya tidak nyaman untuk tempat tidur. Tapi dengan tidur pula, waktu seakan sangat cepat berlalu, lho. Sudah coba?

 

varian nasi briyani

Beragam Varian Nasi Briyani, Ternyata Nggak Cuma Satu Macam

tekan kecemasan secara alami

Lakukan Ini untuk Tekan Kecemasan Secara Alami