in ,

Pusing Skripsi? Lakukan Ini agar Cepat Selesai

Tugas akhir yang bikin kepala melintir, yuk selesaikan agar segera berakhir

tips skripsi agar cepat lulus
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Memasuki tingkat akhir pendidikan sarjana, kamu pasti dihadapkan dengan tugas akhir bernama skripsi. Menjadi momok para mahasiswa (atau yang kerap menyebut diri mereka sebagai ‘mahasisa’), ini tips skripsi agar cepat lulus yang harus kamu ketahui.

Tips pertama adalah pilih topik skripsi sesuai dengan yang kamu sukai. Terkesan sepele, namun mengerjakan sesuatu yang kita suka akan membuat segalanya menjadi lebih mudah, lho. Saat mengerjakan skripsi, tingkat kerumitannya akan membuat siapa saja stres. Dengan memilih topik yang kita suka dan kuasai, kerumitan itu niscaya akan berkurang.

Topik skripsi ini beragam sesuai jurusan kuliah yang sedang kamu tempuh. Beberapa topik biasanya satu paket dengan dosen pembimbing yang ahli di bidang tertentu. Selain topik, nggak ada salahnya untuk memilih dosen yang kamu suka. Pilih dosen yang sama-sama memiliki keinginan untuk membuatmu lulus dengan cepat.

Kamu tentu sudah sering dengar perihal dosen yang sulit ditemui karena kesibukannya bejibun? Pilih dosen yang bisa membimbingmu menghadapi banyaknya materi skripsi yang akan kamu teliti. Jika memungkinkan, pilih lebih dari satu dosen agar kamu mendapat sudut pandang yang kaya, yakni lebih dari satu sumber.

Sumber referensi pun tak hanya dari dosen ataupun literatur yang sudah diberikan dosen. Kamu bisa mencari sendiri referensi yang kamu butuhkan. Jurnal-jurnal internasional bisa diakses dengan mudah di internet. Begitu pula buku penunjang yang bisa kamu temukan di perpustakaan fakultas, perpustakaan kampus, ataupun perpustakaan daerah.

Selain referensi tertulis, referensi yang tidak tertulis alias orang pun tidak kalah penting. Kamu bisa menemui beberapa dosen terkait permasalahan yang kamu hadapi. Dosen-dosen yang ahli di bidang tertentu bisa menjadi rujukanmu dalam menyelesaikan masalah skripsi yang sedang kamu hadapi. Mintalah pertolongan beliau secara baik-baik.

Jangan lupa untuk membuat time line dan jadwal. Hal ini akan membantumu dalam menyelesaikan target harian, mingguan, serta bulanan. Buatlah target yang ketat namun tetap realistis sehingga kamu tidak terbebani oleh diri sendiri.

Tips terakhir adalah mengerjakan dengan konsisten. Kemalasan jadi salah satu momok yang membuat banyak mahasiswa terpaksa berganti gelar menjadi ‘mahasisa’ alias sudah lebih dari 4 tahun masa studi.

Lamanya tugas akhir yang dilakukan mahasiswa bisa karena banyak faktor. Mulai dari dosen pembimbing yang meminta revisi terus-menerus, referensi yang sulit dicari, metode yang gagal, mengulang kembali pengambilan data, dan yang tidak kalah krusial adalah rasa malas.

Cara mengatasi rasa malas bisa dimulai dengan mengerjakan secara rutin. Tidak apa-apa hanya berprogres sedikit demi sedikit. Selama kamu mengerjakan skripsimu dengan konsisten, tugas ini akan berakhir sesuai target yang kamu rencanakan.

Selamat berjuang, pejuang tingkat akhir!

game PC terbaik

6 Game PC Terbaik yang Penah Ada

perawatan mesin motor matik

Tips Perawatan Mesin Motor Matik Supaya Nggak Mogok