in ,

Ragam Jajanan Tradisional dari Singkong, Kamu Suka yang Mana?

jajanan tradisional dari singkong
Foto: instagram grayu

Ngobrolin.id — Sudah lama dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat, kini singkong sudah tidak digunakan sebagai makanan pokok lagi oleh sebagian besar masyarakat. Namun, produk olahan singkong masih banyak tersedia dalam bentuk jajanan tradisional dari singkong. Rasanya pun nggak kalah dari camilan kekinian.

Getuk

jajanan tradisional dari singkong
Foto: instagram grayu

Panganan yang satu ini dimasak dengan cara mengukus singkong, kemudian dilumat. Pada saat pelumatan, biasanya ditambah bahan lain seperti gula dan pewarna supaya rasa dan warnanya lebih menarik. Setelah itu, getuk dibentuk sesuai keinginan. Memakan getuk akan kurang lengkap tanpa taburan kelapa parut dan siraman sedikit gula merah.

Tiwul

jajanan tradisional dari singkong
Foto: instagram ghofur_thebikers_speed

Makanan yang satu ini khas Gunung Kidul, Yogyakarta. Tiwul dibuat dari singkong mentah yang dikeringkan, kemudian dihaluskan. Singkong pun dikukus dan diberi tambahan gula merah agar rasanya manis.

Sawut

jajanan tradisional dari singkong
Foto: instagram evanwillblack

Jajanan tradisional dari singkong yang satu ini memiliki rasa manis. Sawut dibuat dengan cara memarut singkong, kemudian dikukus. Tambahkan gula merah dan garam untuk memberi cita rasa manis.

Comro

jajanan tradisional dari singkong
Foto: instagram tjutjutjahjaman

Comro merupakan akronim dari kata ‘oncom di jero’ alias oncom di bagian dalamnya. Seperti namanya, comro merupakan olahan singkong yang diolah dengan cara melumat singkong rebus menjadi adonan. Adonan lalu diisi dengan oncom dan digoreng. Jajanan tradisional dari singkong ini berasal dari Jawa Barat.

Misro

jajanan tradisional dari singkong
Foto: instagram windy_kho

Jika comro memiliki isian yang cenderung asin dan pedas, misro memiliki isian berupa gula merah meleleh yang manis. Pembuatannya sama seperti comro. Hanya isiannya yang berbeda.

Tape

jajanan tradisional dari singkong
Foto: instagram gogoo.food

Makanan fermentasi ini dibuat dengan cara menambahkan ragi pada singkong rebus. Singkong pun akan semakin melunak karena aktivitas ragi. Rasa tape cenderung manis karena ragi mengubah pati menjadi glukosa. Selain dimakan langsung, tape bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku olahan lain seperti tape goreng, kue tape, dan lain-lain.

Klepon

jajanan tradisional dari singkong
Foto: instagram hobimasak.id

Kue klepon dikenal sebagai salah satu jajanan khas Jawa Tengah. Bahan pembuatnya merupakan campuran singkong dan tepung ketan yang dibuat adonan. Bagian dalamnya berisi gula merah yang meleleh ketika digigit. Klepon dimakan dengan pelengkap berupa kelapa parut.

 

Mengatasi leher kusam

Jangan Khawatir! Atasi Leher Kusam Bisa dengan Cara Ini

Ava Max

Sedang Naik Daun, Ini Amanda Koci Alias Ava Max