in ,

Ragam Menu Lontong Sayur yang Wajib Kamu Coba

kamu sudah pernah mencoba salah satunya?

lontong sayur
foto: Ngobrolin

Ngobrolin.id — Pasti kamu sudah tidak asing dengan menu lontong sayur, menu ini sering dijadikan sebagai hidangan sarapan yang lezat dan cukup mengenyangkan. Tahukah kamu, jika di Indonesia ini memiliki ragam lontong sayur yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Terkadang, hanya dari semangkuk lontong sudah bisa membuat seseorang merasakan gegar budaya.

Nah, daripada bingung hanya karena semangkuk lontong, berikut ini beberapa menu lontong sayur yang wajib kamu coba!

Lontong sayur padang

Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari daerah Minang, Sumatera Barat. Hal unik dari kudapan ini adalah gulai pakunya. Tidak ada yang bisa menggantikan sensasi menikmati gulai paku. Paku merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di bebatuan yang lembap. Lontong padang akan semakin lengkap ditemani oleh kerupuk berwarna pink khas Sumatera.

Kudapan ini terasa sangat kaya rempah. Buat kamu yang menyukai makanan pedas dan gurih, makanan ini cocok banget buat kamu coba, bahkan bisa bikin ketagihan.

Lontong sayur medan

Buat kamu yang baru pertama kali memakan lontong sayur medan pasti akan kaget. Kamu akan melihat banyak lauk yang dimasukkan ke menu ini, mulai dari kentang, orek tempe, daging, ikan asin, hingga mi berukuran tebal.

Lontong medan menggunakan bumbu udang plus tauco. Seluruh kondimen yang digunakan dalam menu ini membuat rasa lontong sayur ini terasa asing di awal, lalu terasa sangat lezat.

Lontong sayur betawi

Menu ini sering disebut sebagai ketupat sayur, rasanya familiar dengan lidah orang Indonesia dan sangat mudah dijumpai di daerah Jabodetabek, khususnya Jakarta. Ya iya lah! Namanya juga lontong sayur betawi.

Dahulu, ketupat sayur merupakan makanan khas hari raya Idulfitri dan Iduladha, tetapi saat ini kudapan tersebut sudah bisa ditemui pada hari-hari biasa menjadi menu sarapan yang sangat digemari. Potongan labu siam atau pepaya muda menjadi ciri khas menu makanan ini. Biasanya, akan lebih lengkap disantap dengan opor ayam, semur daging, dan kerupuk udang.

Lontong cap go meh

Lontong ini sering disajikan ketika perayaan Imlek tiba. Jika dilihat sepintas, kudapan ini mirip seperti ketupat sayur pada umumnya. Namun, kenyataannya, rasa lontong cap go meh cukup berbeda dengan ketupat sayur. Menu ini memang dibuat oleh pendatang dari Cina. Mereka membuat kudapan ini untuk menggantikan menu yuanxiao.

komunitas hidroponik

Komunitas Hidroponik Bogor Raya, Komunitas Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman Hidroponik

vaksin covid-19

Kenali Lebih Jauh Vaksin Covid-19 yang Baru Saja Tiba di Indonesia