in

Rahasia Agar Anak Menjadi Penurut

rahasia agar anak menjadi penurut
Foto: Pexels

Ngobrolin.id — Memiliki anak yang penurut adalah idaman semua orangtua. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut bukanlah perkara yang mudah. Banyak orangtua merasa anak mereka mulai keras kepala dan membantah. Tapi, Parents nggak perlu khawatir. Ada rahasia agar anak menjadi penurut, lho. Yuk, simak penjelasannya!

Kenali penyebabnya

Saat anak berubah menjadi keras kepala dan suka melawan, bisa jadi karena mencontoh hal yang sama. Anak-anak adalah pembelajar yang baik karena sangat mudah meniru orang di sekitarnya. Penyebab lainnya bisa karena mereka sedang ingin mendapatkan perhatian.

Anak keras kepala cenderung memiliki pendapat yang kuat dan senang berdebat demi keinginannya terpenuhi. Untuk itu, orangtua wajib membuka komunikasi dan mendengarkan apa kemauannya. Dengan cara ini, anak merasa dihargai sehingga tak perlu melawan.

Pahami cara berpikir anak

Pahami cara berpikir anak. Dengan demikian, orangtua akan tahu apa yang sedang mereka rasakan. Dengan semakin mengenal mereka, akan semakin baik pula cara menghadapinya, orangtua tidak harus dengan marah-marah.

Berikan pilihan

Berikan pilihan yang mudah dipahami oleh anak dan jangan mengekangnya. Sebab, anak-anak memiliki jalan pikirannya sendiri dan tidak mau menurut begitu saja. Untuk menghadapinya, berikan pilihan. Jika anak menolak dengan pilihan yang diberikan, orangtua tetap harus bersikap tenang dan tak menyerah untuk mengulangi hal yang sama sebanyak mungkin. Lama-kelamaan, anak akan mengikuti kemauan orangtua.

Hindari memaksa anak

Ketika orangtua memaksa anak untuk melakukan sesuatu, mereka akan memberontak dan menimbulkan perlawanan. Sebaiknya, orangtua memberikan perhatian agar anak merasa nyaman dan dihargai.

Ajak diskusi dan kerja sama

Mengajak anak berdiskusi lebih baik daripada marah-marah tanpa tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi. Ajak anak mendiskusikan banyak hal yang sesuai dengan usia mereka. Biarkan anak berpendapat sehingga akan terbiasa bercerita tentang apa yang mereka rasakan atau pikirkan. Ajak pula mereka bekerja sama dalam menjalankan tugas di rumah. Dengan demikian, mereka tak melulu merasa diperintah. Jangan lupa berikan pujian saat mereka berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.

Buat suasana nyaman di rumah

Suasana di rumah yang menyenangkan akan membuat anak merasa lebih tenang dan nyaman. Penuhi dengan canda tawa dan cerita-cerita menarik agar rumah tidak terasa kaku dan sepi. Hindari pertengkaran, bentakan, dan marah-marah yang tidak perlu. Sebab, anak akan dengan mudah menirunya. Menurut sebuah penelitian, orangtua yang bertengkar dapat memicu sikap minder dan agresif pada anak-anak.

Sabar

Saat orangtua sering marah-marah atau membentak, justru membuat anak semakin melawan. Sikap tenang dan sabar akan sangat membantu anak keras kepala menjadi penurut. Orangtua harus bisa menahan emosi dan menggantinya dengan ketenangan dan keyakinan dapat mengatasi anak mereka dengan baik. Bersikap tegas sekaligus menunjukkan kasih sayang. Hasilnya, anak keras kepala akan menjadi anak yang lebih disiplin dan penurut.

oleh-oleh khas Surabaya

Jalan-jalan ke Kota Pahlawan, Bawa Pulang Oleh-oleh Khas Surabaya Ini

keuntungan jadi backpacker

Keuntungan Jadi Backpacker, Traveling Low Budget Banget!