in ,

Rahasia Mengolah Brokoli Tetap Hijau dan Sedap

Ini dia caranya merebus brokoli agar tetap hijau

Ngobrolin.idMengolah brokoli membutuhkan trik tersendiri. Sayuran yang kaya akan nutrisi ini sangat mudah rusak bila diolah dengan cara yang tidak benar. Selain itu, penampilannya juga harus dijaga agar tetap menggugah selera. Tentu nggak mau dong memasak brokoli tapi hasilnya hitam dan tidak crunchy lagi?

Sayuran brokoli menjadi menu andalan ibu-ibu sebagai sumber nutrisi bagi anaknya. Di sisi lain, brokoli juga merupakan sayuran yang memiliki rasa unik. Pencinta brokoli pasti paham perbedaan brokoli yang dimasak secara sempurna dan brokoli yang over cooked. Selain rasa, warna brokoli yang dimasak terlalu lama juga akan memudar dan menua.

Agar hal ini tidak terjadi, beberapa langkah ini bisa kamu terapkan saat mengolah sayuran hijau ini. Pastikan, sebelumnya kamu sudah memilih brokoli yang masih segar, ya. Ciri utamanya adalah warna yang masih hijau dan tekstur yang masih kokoh.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci brokoli hingga bersih. Pencucian ini sebaiknya kamu lakukan dengan air mengalir. Hal ini untuk mencegah adanya kotoran ataupun ulat yang mungkin masih terbawa saat pemanenan.

Pisahkan bagian yang akan dikonsumsi dari batang utamanya. Brokoli yang sudah dibersihkan, kemudian dipotong sesuai selera.

Trik berikutnya adalah merebus brokoli dalam air yang mendidih. Didihkan air dalam jumlah cukup untuk merebus brokoli dalam panci terlebih dahulu. Jika air sudah mendidih, baru masukkan brokoli yang sudah kamu siapkan.

Penggunaan air mendidih ini bukan tanpa sebab, lho. Air mendidih akan menutup pori-pori pada brokoli dengan seketika. Jadi, warna brokoli akan tetap hijau dan nutrisinya pun tetap terjaga walaupun sudah diolah.

Jangan tutup panci ketika proses perebusan sedang berlangsung. Perebusan akan membuat brokoli mengeluarkan karbondioksida. Selain itu, klorofil pada brokoli akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Jika kamu menutupnya, hal ini akan membuat gas yang ada terperangkap di dalam panci dan terserap kembali oleh brokoli.

Rebus brokoli dalam waktu yang singkat sekitar 5 menit saja. Perebusan yang terlalu lama akan membuat teksturnya kelewat lunak.

Terakhir, rendam brokoli yang sudah direbus dalam air es. Perendaman ini mencegah pemasakan berlangsung. Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan warna hijau segar pada brokoli rebus. Jika sudah, angkat dan tiriskan.

kelebihan gorengan

Mengungkap Popularitas Gorengan si Raja Camilan

makanan gagal

Berawal dari Kegagalan, Justru Makanan Ini Punya Banyak Penggemar