in

Rambut Beruban? Mungkin Ini Sebabnya

Penyebab rambut beruban
Foto: pexels

Ngobrolin.idPenyebab rambut beruban beragam. Umumnya, faktor usia menjadi penyebab utama. Rambut pada orang dengan usia lebih tua cenderung lebih banyak ditemukan. Namun, bukan berarti yang masih muda juga nggak bisa beruban, lho.

Penyebab rambut beruban ini bermacam-macam. Mulai dari stres sampai faktor genetik. Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi pigmen rambut tersebut.

Stres

Meskipun terdengar klasik, stres dan depresi bisa jadi pemicu adanya uban pada rambut, lho. Jika seseorang terlalu banyak mengalami tekanan, pertumbuhan uban pun jadi lebih cepat daripada orang lain.

Stres bisa menaikkan kadar kortisol dan meningkatkan radikal bebas. Akibatnya, folikel rambut dan sel yang membuat pigmen rambut pun bisa terganggu. Meskipun tidak berlangsung dengan sangat cepat, stres juga bisa berdampak pada munculnya uban, lho. Sebaiknya, hindari pikiran dan kegiatan yang membuatmu merasakan stres dan depresi.

Cek asupan

Tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang kita makan juga akan memengaruhi perkembangan tubuh, termasuk rambut. Junk food atau makanan cepat saji mengandung zat yang bisa menghambat dan menurunkan produksi melanin.

Kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan rambut jadi memutih. Salah satunya adalah vitamin B12. Vitamin ini memang penting bagi kesehatan rambut. Yuk, mulai perbanyak konsumsi makanan bergizi dan lebih sehat.

Genetik

Genetik juga bisa jadi salah satu jawaban mengapa di usia yang masih muda seseorang bisa memiliki banyak uban. Jika dari keluarga, baik ayah maupun ibu, memiliki uban di usia muda, bisa jadi sifat pada gen tersebut akan menurun ke anak-anaknya.

Berlebihan saat styling rambut

Menata rambut memang menyenangkan, apalagi bagi kaum hawa. Sayangnya, tanpa disadari hal tersebut telah menjadi salah satu penyebab mengapa uban bisa lebih cepat terlihat. Alat-alat styling rambut umumnya memiiliki suhu yang tinggi.

Produk-produk pemanas ini bisa merusak lapisan kutikula pada rambut. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menggunakan peralatan styling rambut dengan aman. Kamu bisa menggunakan heat protectant untuk melindungi rambut dari panasnya alat styling.

Kulit berminyak

Kulit Berminyak? Hentikan Kebiasaan Ini

nama negara-negara di Eropa

Unik, Berikut Asal Kata Nama Negara di Eropa Ini