in ,

Rambut Rontok Parah? Makan 5 Buah Pencegah Kebotakan Ini

buah pencegah kebotakan
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Kondisi rambut akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Salah satu yang sering dialami ialah kepala botak yang disebabkan oleh rambut rontok. Kalau bahan-bahan kimia sudah nggak mempan, coba saja makan 5 buah pencegah kebotakan berikut ini.

  1. Persik

Kunci untuk menjaga kesehatan kulit kepala adalah dengan menjaga kelembapannya. Kulit kepala mengandung kelenjar minyak yang memproduksi sebum. Nama terakhir merupakan minyak alami yang membasahi setiap helai rambut. Jika sebum pelembap ini tak cukup, kulit kepala bakal ‘menderita’. Persik bisa melawan ini karena banyak mengandung vitamin A dan C. Keduanya adalah pelembap alami yang baik.

  1. Pepaya

Buah yang mudah ditemui di lingkungan tropis ini tak sekadar memberikan rasa manis, tapi juga manfaat kesehatan buat rambut. Kandungan vitamin C pada pepaya membantu tubuh memproduksi kolagen dengan kombinasi asam amino yang biasanya ditemukan pada daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, dan produk susu.

  1. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang banyak mengandung banyak vitamin dan kaya akan anti-oksidan. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan anti-oksidan flavonoid seperti beta karoten, lutein, serta xanthin.

Kiwi juga mengandung banyak mineral di dalamnya seperti zinc, magnesium, dan fosfor. Mineral-mineral ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga akar rambut semakin kuat.

  1. Apel

Sebutir apel bisa menjauhkan Anda dari penyakit sekaligus masalah rambut. Apel mengandung vitamin A, B, dan C sebagai tiga vitamin vital untuk rambut sehat. Anti-oksidan pun menjaga tubuh dari radikal bebas dan membantu produksi sel baru.

Sebuah studi pada 2002 di Jepang melihat bagaimana apel membantu pertumbuhan rambut. Berdasarkan riset yang dilakukan peneliti di Tsukuba Research Laboratory, Jepang, apel mengandung procyanidin B-2, komponen yang mendorong pertumbuhan rambut.

  1. Nanas

Paparan radikal bebas turut mengakibatkan kerusakan pada folikel rambut. Untuk melawannya, tubuh membutuhkan anti-oksidan. Tak hanya kaya akan nutrisi seperti vitamin C, B6, dan mangan, nanas juga kaya anti-oksidan.

Lover Taylor Swift

Lover Taylor Swift Tuai Banyak Pujian, Unik dan Menggemaskan

jenis yoga

Jenis Yoga Mana yang Cocok dengan Kebutuhanmu?