in

Ramyeon dan Ramen, Serupa tapi Tak Sama

Ramyeon dan ramen
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Budaya makan mi sudah mengakar di negara-negara Asia Timur. Mulai dari Cina, Jepang, sampai Korea semuanya memiliki menu mi khas negara masing-masing. Ramyeon dan ramen adalah contohnya. Dua mie tradisional ini sering dikira sama, padahal keduanya berbeda, lho.

Ada beberapa perbedaan yang mendasari kedua jenis mi ini. Pertama, asal negaranya. Ramyeon berasal dari Korea. Ramen sendiri lebih populer dan sudah lama. Mi ini asli dari Negeri Sakura, Jepang.

Dari bahan pembuatannya pun kedua mi ini bisa dibedakan. Ramen terbuat dari mi yang masih segar. Biasanya, koki yang memasak ramen akan membuat minya terlebih dahulu dari tepung, telur, dan air. Berbeda dengan ramen, ramyeon terbuat dari mi yang sudah dikeringkan.

Selain mi, bahan utama lain yang tidak kalah penting adalah kuah. Kuah ramen terbuat dari kaldu ayam, seafood, atau babi. Sementara, ramyeon umumnya menggunakan kuah dari bumbu-bumbu yang sudah diracik.

Karena lebih kaya bumbu, ramyeon pun punya rasa yang lebih kuat dan menyengat. Ramyeon juga lebih pedas daripada ramen. Rasa ramen sendiri cenderung lebih hambar.

Ramyeon menggunakan kimchi sebagai topping pada sajian minya. Kimchi sendiri merupakan olahan sawi khas korea. Sawi tersebut difermentasi hingga rasanya menjadi masam dan berwarna kemerahan.

Sementara itu, ramen lebih kaya akan topping. Bahan topping yang paling umum ditemukan pada sajian ramen adalah char siu, yaitu bagian perut babi yang dipanggang. Selain itu, ramen biasanya dilengkapi dengan ajitsuke tamago atau telur setengah matang yang sudah direndam dalam bumbu.

Ramen juga disajikan dengan menma atau olahan fermentasi rebung. Daun bawang, rumput laut, dan bawang putih tak lupa ditambahkan untuk menambah cita rasa.

Dari segi harga, ramyeon lebih murah daripada ramen. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan ramyeon tidak selengkap ramen. Penyajian ramyeon juga lebih mudah karena banyak tersedia dalam kemasan instan. Di Korea, merek dagang Shin Ramyun merupakan ramyeon instan yang paling terkenal.

Walaupun banyak perbedaan, nyatanya kedua jenis mi instan ini punya penggemarnya masing-masing, termasuk di Indonesia. Kamu sudah bisa menemui kedai-kedai yang menjual ramyeon dan ramen di mal-mal atau tempat makan lainnya. Tertarik mencoba?

grup band Barasuara.

Barasuara, Angin Segar Musik Indonesia

hotel berbentuk kentang raksasa

Unik Banget, Hotel Berbentuk Kentang Raksasa Ini Isinya Apa Saja ya?