in

Rasa Bosan Makan Makanan yang Itu-itu Saja Sudah Muncul? Ini Tipsnya!

makan yang itu itu saja memang akan terasa membosankan

bosan makan
foto: pexels

Ngobrolin.id — Selama masa social distancing atau karantina, menu makanan menjadi sangat terbatas. Sebaiknya, hindarkan dulu makanan seperti fast food atau makanan yang kurang baik lainnya untuk meminimalisir risiko menurunnya daya tahan tubuh. Kamu harus menguatkan daya tahan tubuh yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Namun terkadang, rasa bosan makan makanan yang itu saja pasti datang saat sudah jenuh dengan makanan yang sering disantap.

Eits, jangan khawatir, rasa itu wajar kok. Kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti beberapa tips berikut untuk mengatasi rasa bosan makan makanan yang itu saja.

Lakukan variasi menu sesering mungkin

Meskipun sayur kangkung terasa lezat disandingkan dengan sambal terasi, kalau dalam satu minggu kamu memasak hal tersebut beberapa kali tentu saja rasa bosan akan menghampiri. Sebaiknya, lakukan variasi menu setiap hari agar rasa yang kamu dapat berbeda-beda setiap hari. Kamu bisa membuat jurnal menu agar tidak terlalu bingung untuk memulai masak.

Belanja mencari inspirasi

Terkadang terbatasnya pilihan saat berbelanja juga bisa membuat kamu bosan untuk memasak. Pilihan yang disediakan penjual sayur kecil keliling atau warung sayur dekat rumah kamu memang sangat spesifik dan terbatas. Kamu bisa berbelanja langsung ke pasar atau swalayan yang menyediakan bahan masakan yang lebih lengkap.

Banyaknya bahan masakan yang sangat jarang ditemui di warung-warung kecil bisa memicu inspirasi untuk memasak hari itu. Namun, jangan lupa untuk memakai masker dan menjaga jarak di tempat-tempat umum ya.

Kombinasikan dengan menu dari berbagai daerah

Meskipun kamu termasuk tipikal lidah orang Indonesia yang sangat suka masakan khas Indonesia yang kaya akan rempah, agar tidak bosan sebaiknya kombinasikan dengan menu-menu masakan yang berasal dari berbagai negara lain, seperti masakan Cina, Jepang, atau western. Tentu saja hal tersebut akan membuat menu kamu semakin bervariasi.

Menonton tutorial masak atau membaca buku resep

Menonton tutorial masak atau membaca buku resep akan memberikan kamu inspirasi menu masakan baru. Biasanya hal tersebut akan membangkitkan semangat untuk memasak menu baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Saat ini sangat mudah untuk menonton berbagai macam tutorial atau membaca berbagai macam resep melalui internet. Jadi, kamu gak ada alasan lagi susah mencari inspirasi masak ya.

berat badan

Cara Menjaga Berat Badan Selama Social Distancing

menu buka puasa

Menu Buka Puasa yang Mulai Dirindukanka Puasa yang Mulai Dirindukan