in

Rekan Kerja Perfeksionis? Atasi dengan Trik Ini

Jangan stres ya

rekan kerja perfeksionis
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Masalah di tempat kerja tak melulu hubungan vertikal dengan atasan. Memiliki rekan kerja dengan pola bekerja yang berbeda denganmu juga bisa jadi masalah jika tidak ditemukan jalan keluarnya. Kalau kamu memiliki rekan kerja perfeksionis, kamu pasti mengerti betapa tertekannya pada kondisi ini. Yuk, cari tahu cara mengatasinya sebelum kamu gila karena tekanan yang ia berikan.

Rekan kerja perfeksionis itu bisa jadi sama sekali tidak bersinggungan dengan pekerjaanmu. Namun, kamu mendengarnya dari gosip kantor yang banyak beredar. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kamu jangan ikut-ikutan untuk menggosipkan orang tersebut. Selain tidak ada urusannya denganmu, menggunjing bukanlah hal baik, lho.

Namun jika rekan kerja perfeksionis tersebut berpartner langsung denganmu, hal ini yang perlu kamu waspadai. Sisi positifnya, kamu bisa memastikan pekerjaan yang kamu lakukan dapat lebih tertata rapi. Sisi negatifnya, pasti dia akan menuntut banyak hal dari kamu. Apalagi, kalau pola kerja yang kalian miliki sangat berbeda. Duh!

Langkah pertama adalah kamu harus bekerja tepat waktu. Fokus selama delapan jam kerja yang harus kamu maksimalkan sebaik mungkin. Dengan menunjukkan sikap itu, rekanmu tidak akan banyak mencecar pekerjaanmu karena kamu sudah melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, lakukan pekerjaan sesuai prosedur. Rekan kerjamu pasti akan melakukan hal yang sama. Bisa jadi, hal ini juga merupakan teguran bahwa selama ini kamu melakukan pekerjaanmu tidak sesuai SOP (Standard Operational Procedure).

Karena memiliki partner kerja yang perfeksionis, ia pasti akan merinci detail pekerjaan yang kalian lakukan dengan sangat teliti. Jadikan ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki ketelitianmu. Kamu harus detail dalam menyiapkan banyak hal. Tentunya, hal ini akan berpengaruh pada perkembangan pekerjaanmu yang meningkat di mata atasan.

Langkah berikutnya adalah dengan menyelesaikan tugas tepat waktu. Jika bentuk tugas yang diberikan kepadamu dan partnermu adalah proyek, selesaikan proyek tersebut dalam jangka waktu yang telah disepakati. Jangan ada, deh, kata ‘nanti-nanti’ dalam kamusmu! Selain dapat membuat rekan kerja perfeksionis yang menjadi partnermu meradang, hal tersebut juga akan berdampak pada hasil kerjamu.

Terakhir, walaupun kamu bekerja dengan orang yang superkaku, jangan sampai hal ini justru mengintimidasimu dalam mengeluarkan ide-ide baru. Coba lontarkan gagasan dengan baik dan percaya diri. Dengan begitu, mungkin kamu bisa membuat aturan yang lebih fleksibel dan menyenangkan bagi kedua belah pihak.

menghibur sahabat yang patah hati

4 Cara Menghibur Sahabat yang Patah Hati

cara berhenti menunda pekerjaan

Stop Jadi Procastinator! Ini Cara Berhenti Menunda Pekerjaan