in

Rekan Kerja Toxic: Hindari Namun Jangan Jauhi

Kenali cirinya dan beri spasi antarhubungan kalian sebelum terlambat

rekan kerja toxic
Foto: freepik

Ngobrolin.idGuys, sudah berapa lama kamu bekerja di kantormu yang sekarang? Semakin lama, kamu pasti akan bertemu dengan semakin banyak karakter karyawan manusia yang ada di kantormu. Perlu diakui, bahwa nggak semua rekan kerjamu dapat menjadi teman yang menyenangkan. Beberapa di antaranya sebaiknya kamu hindari, yakni rekan kerja toxic.

Muka dua

Di depanmu ngomong A, di belakangmu ngomong B. Duh, banyak banget yang kaya gini! Jangan mudah percaya dengan rekan kerjamu yang punya tabiat bermuka dua. Manis sih, tapi di awal doang. Mereka berpotensi menjatuhkan kariermu dengan cara yang licik.

Ngeluh lagi, ngeluh lagi

Mengeluhkan pekerjaan adalah hal yang wajar. Namun kalau mengeluh terus sepanjang waktu, kapan selesainya? Sebaiknya, hindari rekan kerja yang rajin mengeluh setiap saat karena bisa berpotensi ikut terseret dalam kemalasannya. Lebih baik, beri motivasi dan segera lanjutkan job desc milikmu.

Gossiper!

Rekan kerja yang gemar menceritakan aib rekan kerjamu yang lain sebaiknya kamu hindari dalam pertemanan. Mereka bisa saja menyudutkanmu dengan menggosipkan hal-hal buruk tentangmu. Atau lebih buruk lagi, mereka bisa membuatmu terpojok dengan menuduhmu telah membicarakan rekan kerjamu yang lain!

Sebaiknya, hindari tipe rekan kerja yang seperti ini. Tetaplah berbuat baik dan sebisa mungkin tidak membocorkan apa pun. Jika mereka memancingmu untuk ikut bergosip, hindari dengan memberikan senyuman. Jangan ikut berkomentar apalagi ikut menggosip karena kamu tidak pernah tahu maksud tersembunyinya.

Jam karet, molor terus bos!

Rekan jam karet (yang berbeda divisi atau jobdesc) memang tidak merugikanmu secara langsung. Namun, semangat bekerjamu bukan tidak mungkin ikut terpengaruh jika kamu terlalu dekat dengannya.

Sok tahu dan pansos abis

Rekan seperti ini biasanya menjadi orang yang pertama yang akan menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan saat rapat atau berdiskusi. Alih-alih karena mengerti, mereka melakukannya hanya karena ingin dipuji. Panjat sosial tingkat dewa! Hindari mengkritik orang seperti ini di dalam forum, ya. Lebih baik, sampaikan pendapatmu dengan baik.

Suka merobohkan

Tak terlihat namun diam-diam bergerak untuk menjatuhkan kariermu. Jangan kaget ketika memasuki dunia kerja dan menemukan rekan yang rese seperti ini. Mereka cenderung akan menyangkal apa pun argumen dan rencana yang sedang kamu paparkan.

 

olahan roti tawar

Antimainstream, Ini Olahan Roti Tawar

mendekor ulang interior

Ini Keuntungan Mendekor Ulang Interior Rumah