in

Rekomendasi Gunung di Jawa Barat untuk Hiking

gunung di jawa barat
Foto: instagram

Ngobrolin.id — Banyak gunung di Jawa Barat yang dibuka untuk jalur pendakian. Beberapa di antaranya sudah memiliki track yang jelas. Beberapa lainnya lebih menantang karena harus mendaki jalur yang ekstrem.

Berikut Ngobrolin.id berikan rekomendasi untuk kamu yang ingin merasakan udara sejuk di atas ketinggian Jawa Barat.

Gunung Papandayan

Berlokasi di Kabupaten Garut, Gunung Papandayan merupakan salah satu favorit pendaki. Akses transportasi yang mudah dan tidak begitu jauh dari ibukota merupakan alasan utama gunung ini ramai dikunjungi bila musim liburan tiba.

Selain itu, fasilitasnya pun sudah cukup lengkap. Toilet umum dan warung bisa ditemui di beberapa titik jalur pendakian.

Dengan ketinggian 2.556 mdpl, gunung ini memiliki pemandangan hutan mati yang sangat eksotis. Belum lagi padang edelweiss yang mampu menyihir mata. Gunung ini wajib banget kamu datengin kalau ingin hiking di Jawa Barat.

Gunung Gede

Gunung yang berlokasi dekat dengan Gunung Pangrango ini memiliki ketinggian 2.958 m. Salah satu yang paling menarik perhatian para pendaki adalah pemandangan matahari terbit di atas awan yang sangat indah.

Gunung ini terletak di tiga wilayah, yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sukabumi. Cukup berdekatan dengan Kota Jakarta, menjadikannya termasuk yang paling sering didaki.

Gunung Cikuray

Berbeda dengan gunung-gunung sebelumnya yang lokasinya dekat dengan ibukota, Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut dan memiliki akses transportasi yang lebih sulit. Dengan begitu, biaya yang dibutuhkan untuk mendaki pun lebih mahal.

Mencapai ketinggian 2.818 mdpl, pendakian ke gunung ini akan melewati jalur perkebunan terlebih dahulu.

Gunung Ciremai

Masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, gunung ini terletak di tiga kabupaten yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka.

Tinggi puncak Gunung Ciremai mencapai 3.078 mdpl. Keunikan gunung ini adalah memiliki 2 kawah. Masing-masing memiliki radius 400 meter dan 600 meter. Selain itu, terdapat gua bernama Gua Walet yang terbentuk sejak letusan pada zaman dulu.

Gunung Pangrango

Memiliki ketinggian 3.078 mdpl, Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango bersama dengan Gunung Gede.

Gunung ini merupakan salah satu gunung paling diminati di Jawa Barat. Saking ramainya, diberlakukan sistem booking 3 sampai 30 hari sebelum pendakian. Pembatasan jumlah pendaki ini dilakukan untuk menjaga ekosistem lingkungan di sekitar gunung.

Dua jalur yang paling sering didaki adalah jalur Cibodas dan jalur Gunung Putri. Sementara, jalur Salabintana kurang diminati karena akses yang sulit, jauh, berlumpur, dan banyak lintah.

tingkatan startup

Coachroach sampai Hectocorn, Di Mana Tingkatan Startup Unicorn?

bermain bola basket

Begini Teknik Dasar Bermain Bola Basket