in

Rekomendasi Kuliner Khas Madura, Wajib Coba

kuliner khas Madura
Foto: instagram potretmadura

Ngobrolin.id — Madura terkenal dengan kuliner sate dan soto khasnya. Namun siapa sangka, ternyata masih ada banyak kuliner khas Madura lainnya yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sini. Suka yang manis dan legit atau santapan yang mengenyangkan? Semuanya ada di sini.

Bebek songkem

kuliner khas Madura
Foto: sharahlind

Penyukai olahan daging bebek wajib mencoba menu yang satu ini. Bebek songkem merupakan kuliner khas Madura yang terbuat dari bebek yang dikukus dengan daun pisang. Perpaduan bumbu yang digunakan membuat bebek songkem sangat nikmat. Apalagi jika dimakan dengan nasi hangat dan disajikan dengan sambal mangga. Hmm… menggoda!

Lorjuk

kuliner khas Madura
Foto: acar_kiyut

Kerang lorjuk termasuk cukup langka. Oleh karena itu, olahan lorjuk cukup sulit ditemui. Olahan yang satu ini cukup istimewa karena kerang lorjuk dimasak dengan beragam bumbu yang pastinya membuat rasanya semakin nikmat. Supaya mengenyangkan, santap lorjuk dengan nasi hangat, ya.

Kaldu kokot

kuliner khas Madura
Foto: instagram potretmadura

Kokot adalah bahasa Madura dari kikil. Seperti namanya, kaldu kokot terbuat dari kikil sapi. Cara memasaknya dipadukan dengan kacang hijau. Alih-alih menjadi makanan manis, rasa kaldu kokot justru gurih dan nikmat. Kaldu kokot biasa dinikmati bersama nasi hangat.

Kobbhu

Minuman yang satu ini wajib kamu coba jika berkunjung ke Madura. Bahan pembuatannya pun mudah ditemukan. Kobbhu terbuat dari kelapa muda, gula merah, serai, cengkih, pala, dan air pandan. Tambahan es batu membuat minuman segar dan manis ini bisa dinikmati di siang hari. Jika cuaca dingin pun, kamu bisa menyeruput kobbhu dalam keadaan hangat.

Kacang otok

kuliner khas Madura
Foto: instagram poo_me1988

Bingung cari oleh-oleh dari Madura? Jangan lupa untuk mencari kacang otok. Camilan yang satu ini terbuat dari kacang. Bukan sembarang kacang, lho, melainkan isi dari kacang panjang yang digoreng dan diberi rasa. Rasanya gurih bikin pengen makan lagi dan lagi. Kacang otok cocok dinikmati bersama teh atau kopi bersama teman dan kerabat.

Tokak ladhe

Kuliner khas Madura yang satu ini bisa kamu jumpai saat hari raya Idulfitri. Tokak ladhe merupakan perpaduan irisan daging dan jeroan sapi, telur ayam, yang dimasak bersama kacang panjang dan pepaya muda. Sebagai pelengkap, ketupat diberikan sebagai pengganti nasi. Kamu bisa menikmati tokak ladhe ini lengkap dengan jagung halus dan sambal urap manis yang bikin nagih.

Ava Max

Sedang Naik Daun, Ini Amanda Koci Alias Ava Max

fenomena menarik langit pada Juli

Fenomena Menarik Langit Bulan Juli, Catat Tanggalnya