in

Relationship Red Flag yang Menandai Hubungan Asmara Kamu Seharusnya Berakhir

relationship red flag
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Red flag merupakan idiom yang berarti tanda atau sinyal dari kondisi berbahaya yang perlu segera diperhatikan. Idiom ini sering digunakan pada beberapa aspek kehidupan, misalnya keuangan, sosial, dan lain-lain. Idiom tersebut juga sering digunakan dalam hubungan asmara yang sudah tidak sehat. Relationship red flag muncul karena adanya pelaku kekerasan dan pihak yang menjadi korban.

Berikut ini beberapa relationship red flag yang perlu kamu waspadai.

Pasangan menyembunyikan sesuatu dari kamu

Memang tidak semua bagian dari hidup perlu dibagikan kepada pasangan, tetapi kalau pasangan kamu sudah ketahuan menyembunyikan sesuatu hal yang besar, kemungkinan besar itu akan menjadi masalah. Jadi, keterbukaan antara kamu dan pasangan memang sangat penting untuk hubungan kalian.

Posesif

Pasangan kamu selalu ingin tahu di mana kamu dan sedang bersama siapa saja. Kebiasan ini terus terjadi setiap saat, bahkan ia memaksa meminta kode hapemu padahal kamu belum siap berbagi hal-hal yang bersifat pribadi dengannya. Kondisi tersebut mencerminkan seseorang yang sulit mempercayai pasangannya dan kurang memiliki rasa hormat.

Pasangan malah membuat tidak nyaman

Canggung pada awal perkenalan merupakan hal yang wajar. Saat itu mungkin kamu masih memiliki sedikit rasa tidak nyaman karena kalian belum kenal. Namun, jika rasa tidak nyaman tersebut terus berlanjut, bahkan persentasenya makin besar, padahal hubungan kalian sudah berjalan cukup lama, kemungkinan besar itu merupakan red flag dari hubungan kalian.

Rasa tidak nyaman tersebut kerap muncul karena kamu merasa tidak aman untuk berbagi pengalaman dengannya, meminta, atau bahkan kamu merasa dihakimi dan dikritik ketika melakukan sesuatu. Kondisi tersebut kemungkinan akan mendorong kamu menyembunyikan bagian-bagian yang tidak disetujui pasanganmu.

Hubungan tidak seimbang

Bila kamu mulai merasa selalu memberikan hak atau selalu mengalah agar hubungan menjadi seimbang, sepertinya kamu perlu pikir-pikir lagi, deh. Kamu jadi lebih memprioritaskan kebutuhan dan keinginan pasangan, mungkin untuk menjaga kedamaian hubungan.

Abusif

Kekerasan adalah kesalahan yang harus kamu sadari secepatnya. Seseorang yang terbiasa memaklumi kekerasan akan sulit membedakan mana kekerasan atau bukan. Jadi, jangan pernah biarkan diri kamu dilukai oleh orang lain, apalagi pasangan.

Muncul opini dari orang-orang sekitar

Biasanya, red flag tersebut lebih mudah dilihat oleh orang lain yang dekat dengan kita, seperti teman atau keluarga. Memang tidak semua opini mereka kamu terima secara mentah-mentah, tetapi kamu juga perlu mempertimbangkan pendapat dan saran dari mereka, terutama jika mereka sudah mulai menunjukkan kekhawatiran terhadap hubungan kalian.

 

 

hustle culture

Hustle Culture, Overwork yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

KPI

Ternyata, Bukan KPI yang Bertugas Menyensor Film