in ,

Rencana Perayaan 17 Agustus 2020 di Tengah Pandemi

kira-kira akan seperti apa ya perayaan kemerdekaan tahun ini?

17 Agustus 2020
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Jika jalanan sudah dipenuhi dengan ornamen merah putih dan pedagang bendera musiman sudah menggelar lapaknya di pinggir jalan, itu artinya sebentar lagi akan diadakan perayaan 17 Agustus. Seperti pada umumnya, semua warga menyambut Hari Kemerdekaan dengan perasaan suka cita, termasuk Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2020 yang terjadi di tengah pandemi Covid-19.

Pasti banyak yang bertanya-tanya bagaimana perayaan 17 Agustus 2020 akan berlangsung, padahal setiap perayaan 17 Agustus identik dengan acara kumpul-kumpul, seperti upacara 17 Agustus untuk menaikkan dan menurunkan bendera merah putih, perlombaan, karnaval, festival, bahkan hingga nonton layar tancap.

Nah, di tengah pandemi yang mengharuskan masyarakat menjaga jarak dan menghindari kerumunan, perayaan akan berlangsung seperti apa, ya?

Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan selama merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu, hari perayaan akan berlangsung sederhana dan lebih banyak aktivitas virtual yang akan dilakukan.

Anggota Paskribaka yang akan menaikkan dan menurunkan bendera di Istana Negara pun dikurangi jumlahnya. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio akan melakukan sosialisasi tradisi baru berupa penghormatan penaikan bendera.

Tradisi tersebut akan berlangsung dengan meminta kepada masyarakat Indonesia untuk berdiri tegap dan ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara serentak saat sirine, dentuman meriam, dan sirine panjang dibunyikan dari Istana Negara pada 17 Agustus 2020 mendatang. Upacara penaikan dan penurunan bendera akan disiarkan secara serentak di seluruh stasiun televisi nasional, lokal, dan live streaming di media sosial.

Tidak hanya itu, tahun ini pemerintah juga mengadakan perlombaan baru dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia. Perlombaan yang bisa diikuti oleh masyarakat Indonesia adalah lomba video yang bertema Lingkungan Bersih Indah Sehat Kreatif untuk Indonesia Kuat. Perlombaan tersebut digelar oleh Kemenparekraf.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti lomba tersebut, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya lokasi lomba berada di Indonesia, peserta merupakan WNI, tema perlombaan “Cinta Indonesia”, durasi video 3 menit dengan format MPEG4, dalam video harus menyertakan logo HUT ke-75 yang bisa diunduh di website Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia dan video tersebut harus orisinil.

Untuk info lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi website https://hutri75.kemenparekraf.go.id/. Buruan, jangan sampai ketinggalan, ya!

biaya langganan netflix

Biaya Langganan Netflix Terbaru per Agustus 2020

tradisi 17 agustus

Ini Dia Tradisi Unik 17 Agustus yang Bikin Kangen