in ,

Rentetan Bencana Alam yang Terjadi di Awal 2021

bencana alam
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Indonesia sedang berduka karena banyak musibah bencana alam yang terjadi di awal 2021. Berdasarkan data BNPB, hingga 18 Januari 2021 Indonesia sudah mengalami bencana alam sebanyak 154 kali yang menelan korban jiwa sebanyak 140 orang dan 776 korban luka-luka.

Bencana alam yang paling sering terjadi di awal tahun ini adalah banjir, gempa, angin ribut, dan longsor. Salah satu penyebab bencana tersebut ialah cuaca ekstrem. Terakhir, yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan oleh warganet adalah bencana banjir bandang di Malang dan Puncak, Bogor.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 menjelaskan bahwa Indonesia terletak di wilayah yang rawan bencana alam. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan selama cuaca masih ekstrem.

Bencana alam dimulai dari kejadian longsor yang terjadi di Sumedang, Jawa Barat pada 9 Januari 2021. Musibah tersebut menelan 32 korban jiwa. Selanjutnya, disusul dengan banjir yang melanda Kalimantan Selatan pada 12 Januari 2021. Banjir tersebut terjadi langsung di 10 daerah, menenggelamkan 27.111 rumah dan mengakibatkan 112 ribu orang mengungsi.

Belum kering banjir di Kalsel, Indonesia mendapatkan kabar bencana gempa dari Sulawesi Barat dengan kekuatan 6,2 magnitudo pada Jumat, 15 Januari. Gempa tersebut terjadi dini hari dan menyebabkan 88 orang meninggal dunia.

Sehari setelah kejadian di Sulawesi Barat, banjir dan longsor terjadi di Kota Manado, Sulawesi Utara. Tercatat, sebanyak sembilan kecamatan terdampak banjir yang disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi. Pada 17 Januari, masyarakat di pesisir Manado dilanda kepanikan karena gelombang laut mulai tinggi, lalu disertai dengan angin kencang.

Pada 18 Januari 2021, Kota Malang diguyur hujan dengan intensitas tinggi sehingga menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah titik. Longsor terparah terjadi di Kecamatan Blimbing. Satu orang dinyatakan hilang.

Sehari setelah itu, yaitu 19 Januari 2021, masyarakat Indonesia kembali dihebohkan dengan bencana banjir yang terjadi di kawasan perkebunan teh Gunung Mas, Puncak Bogor. Banjir tersebut menyebabkan pohon tumbang dan menutup akses jalan ke pemukiman. Lagi-lagi banjir diduga karena intensitas hujan yang tinggi sehingga memicu luapan air sungai. Sebanyak 900 orang dikabarkan mengungsi di rumah kerabat dan sebagian lagi ditempatkan di Wisma PTPN 8 Gunung Mas.

parfum murah

Perbedaan Antara Parfum Mahal dan Parfum Murah

stand by me 2

Stand By Me 2 Bakal Tayang Februari 2021