in

Resep Saus BBQ yang Supermudah Dibuat Sendiri

cara mudah membuat saus BBQ sendiri di rumah

resep saus bbq
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saus bbq atau barbeque merupakan bahan penting yang harus digunakan untuk menu-menu makanan bakaran karena rasanya yang dapat menambah cita rasa masakan. Saus ini merupakan saus yang paling terkenal karena memiliki rasa yang unik, seperti manis, asam, gurih, dan sedikit pedas dengan warna merah kecokelatan. Resep saus bbq pun sudah banyak tersebar di internet karena mudah untuk dibuat sendiri.

Saus bumbu khas Amerika Selatan ini sudah mendunia. Hampir seluruh orang sudah mengetahui karena rasanya yang pedas gurih, termasuk Indonesia.

Saat ini saus bbq memang sangat mudah ditemukan di supermarket dengan berbagai jenis dengan harga yang sangat bervariatif. Namun, kamu sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Dengan membuat sendiri, kamu bisa menyesuaikannya dengan selera sendiri.

Agar rasa saus terasa semakin lezat, gunakan bahan-bahan yang masih segar. Saus biasanya digunakan sebagai olesan panggangan atau dicampur ke dalam masakan. Saus bbq akan lebih mudah diserap jika diberikan pada bagian sayap ayam goreng. Namun, saat ini penggunaan saus tersebut tidak hanya untuk makanan panggangan, saus sudah digunakan untuk menu makanan apa saja sebagai variasi rasa.

Saus yang dibuat sendiri akan memiliki rasa yang lebih seimbang karena kamu bisa menambahkan bahan-bahan sesuai dengan selera. Berikut ini resep saus bbq yang supermudah untuk diikuti di rumah seperti dikutip dari laman Metro.

Bahan-bahan:

  • 150 ml saus tomat
  • 120 ml cuka
  • 60 ml gula merah
  • 1 sendok teh lada hitam halus atau yang sudah dipecah kasar
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh bubuk jintan
  • 2 sendok teh bubuk paprika

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah panci kecil. Selanjutnya, masak dengan api sedang selama 5 menit atau hingga mendidih
  2. Setelah mendidih, tunggu hingga dingin. Saus bbq sudah siap digunakan atau disimpan dalam wadah yang steril.

Kalau kamu penyuka rasa yang sedikit smoky, cukup tambahkan Tabasco ke dalam resep saus bbq.

tanaman hias

Tanaman Hias yang Cantik untuk Kado

kode plus Gmaps

Kode Plus GMaps: Cara Berbagi Alamat Via GMaps yang Lebih Akurat