in ,

Resep Tahu Gejrot Rumahan, Dijamin Lezat, Mudah, dan Murah

rasanya hampir mirip kaya yang di abang-abang kok

resep tahu gejrot
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa pasti sudah mengenal makanan tahu gejrot, jajanan tradisional yang sering dijual di depan sekolah, pinggir jalan, atau bahkan pada acara festival makanan. Ternyata, resep tahu gejrot memiliki banyak versi yang disesuaikan dengan daerah, seperti Semarang, Purwokerto, Yogya, hingga Cirebon.

Kamu gak perlu bingung ada banyak versi resep tahu gejrot. Sebab, tiap resep tersebut memiliki rasa yang hampir sama. Kamu bisa memilih salah satu versi tahu gejrot yang sesuai dengan selera.

Cara membuat camilan yang lezat ini terbilang cukup mudah, bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Daripada menabung rindu yang terlalu lama dengan tahu gejrot, mendingan langsung saja buat sendiri di rumah dengan resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 10 buah tahu kopong cokelat atau tahu sumedang (kalau sulit mendapatkan kedua jenis tahu tersebut, kamu juga bisa menggunakan tahu matang yang cukup mudah didapatkan di tukang sayur)
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 6 cabai rawit atau sesuai selera
  • 2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 10 ml cuka putih
  • 500 ml minyak goreng
  • 200 ml air

Cara membuat:

  1. Jika menggunakan tahu kopong cokelat atau tahu sumedang, goreng tahu dengan minyak panas hingga matang, lalu saring minyaknya. Selanjutnya, potong tahu menjadi bagian yang kecil-kecil.
  2. Jika kamu menggunakan tahu matang, cuci tahu terlebih dahulu dan rebus hingga air mendidih. Setelah itu, tiriskan air rebusan dan diamkan hingga tahu dingin, kemudian peras airnya. Jika tidak terlalu suka bagian dalam tahu karena terlalu padat, kamu bisa keluarkan bagian dalamnya. Selanjutnya, potong menjadi bagian kecil-kecil.
  3. Siapkan panci kecil, masukkan air, gula merah, kecap manis, dan cuka. Rebus hingga kuahnya berwarna kecokelatan, kemudian diamkan di suhu ruang.
  4. Ulek kasar cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam.
  5. Campurkan kuah, lalu tambahkan potongan tahu. Biar lebih terasa, sajikan menu tahu gejrot di atas ulekan kayu. Selamat menikmati!
website penipuan

Hati-hati dengan Link Website Penipuan yang Masih Marak Beredar di Chat WhatsApp

imperfct the series

Apakah Imperfect The Series Beneran Kocak?