in

Resep Tteokbokki Mudah Ala Mahasiswa

resep tteokbokki
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Suka tteokbokki, kue beras khas Korea? Atau, malah udah ketagihan sama rasa pedas-manisnya yang khas dan lezat? Eits, kamu bisa bikin tteokbokki-mu sendiri, lho, tanpa perlu keluar duit lebih. Selain itu, rasanya pun bisa kamu sesuaikan. Ini dia resep tteokbokki mudah yang bisa kamu coba di rumah.

Kue beras tteok

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue beras sebagai bahan utama tteokbokki adalah tepung beras seperempat kilogram, tiga sendok makan tepung tapioka, air panas secukupnya, garam sesuai selera, dan minyak goreng atau minyak wijen secukupnya.

Cara membuat tteok sebagai berikut. Pertama, masukkan tepung beras, tepung tapioka, dan garam. Aduk sampai semuanya tercampur rata. Masukkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan dapat dibentuk.

Kamu bisa memilih menggunakan dua cara berikut. Pertama, kukus adonan selama 25 menit dan angkat dan tumbuk sebentar. Bentuk adonan dengan tangan menjadi silinder. Cara kedua adalah dengan membentuk adonan menjadi silinder, kemudian merebusnya ke dalam air mendidih yang sudah diberi sedikit minyak.

Sisihkan tteok jika sudah matang.

Saus Gojuchang

Bahan saus:

  • 1 siung bawang bombai, potong dadu
  • 5 siung bawang putih dan 2 butir bawang merah
  • 2 sendok makan gochujang
  • 2 buah daun bawang, potong seukuran tteok
  • 500 ml air
  • garam, gula, dan merica sesuai selera
  • minyak goreng secukupnya
  • Opsional, kamu juga bisa tambahkan 250 gram fish cake dan 200 gram wortel yang sudah dipotong seukuran tteok atau cabai jika ingin lebih pedas

Langkah membuat saus sebagai berikut. Pertama, haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Tumis bumbu halus tersebut bersama dengan bawang bombai hingga harum. Masukkan pasta gojuchang, tambahkan air. Koreksi rasa menggunakan garam, gula, dan merica.

Masukkan wortel hingga agak matang, kemudian masukkan tteok dan fishcake. Aduk hingga rata dan matang. Angkat bila sudah matang. Taburi dengan biji wijen.

Lagu taylor swift

Playlist Patah Hati ala Lagu-lagu Taylor Swift

fakta cupcake

Fakta Cupcake, Nggak Cuma Sekadar Miniatur Kue