in

Restorasi Gratis Arsip Keluarga yang Rusak Akibat Banjir di ANRI

Segera datangi poskonya!

arsip keluarga yang rusak
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat pergantian tahun 2019 ke 2020, sebagian wilayah Indonesia mengalami curah hujan yang sangat tinggi. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa ini adalah curah hujan tertinggi yang baru dirasakan oleh masyarakat sehingga menimbulkan bencana banjir di berbagai daerah, terutama di area Jabodetabek. Curah hujan tinggi diperkirakan masih akan terus berlangsung. Salah satu dampak akibat banjir adalah arsip keluarga yang rusak.

Tak hanya Jakarta, banjir melanda beberapa daerah, seperti Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Bandung, dan beberapa daerah lainnya. Bahkan, bencana yang terjadi cukup parah karena sudah menimbulkan korban jiwa.

Tak hanya korban jiwa, kerugian materi serta berbagai macam kerugian lainnya juga dirasakan oleh para korban bencana banjir. Saat banjir datang ke permukiman warga, sebagian besar masyarakat tidak menyangka, pasalnya banjir juga terjadi di daerah yang biasanya tidak pernah kena. Hal tersebut biasanya dikarenakan tanggul yang jebol akibat menahan volume air besar yang datang secara tiba-tiba.

Kehadiran banjir yang tak terduga membuat sebagian masyarakat tidak berantisipasi. Akibatnya, air menggenangi rumah. Salah satu yang paling dikhawatirkan masyarakat adalah arsip penting, seperti arsip keluarga. Pasalnya, untuk membuat ulang arisp keluarga itu membutuhkan waktu serta usaha.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) membuka bantuan kepada masyarakat dalam bentuk restorasi arsip kelurga yang rusak akibat banjir secara gratis.

ANRI membuka Posko Layanan Restorasi Arsip Keluarga gratis di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, yang berlokasi di Jl. Ampera Raya No. 7, Cilandak, Jakarta Selatan. Posko ini sudah mulai aktif melayani masyarakat sejak 2 Januari 2020 dan beroperasi dari pukul 07.30 sampai dengan 15.30 WIB.

Bagi kamu yang terdampak bencana banjir dan mengalami kerusakan arsip keluarga, segera datangi posko tersebut. Kamu hanya perlu membawa arsip keluarga dalam bentuk fisik asli arsip keluarga yang rusak, tidak dalam bentuk fotokopi.

Dalam menjalankan bantuan ini, ANRI menggunakan teknologi Vacum Freeze Dry Chamber yang merupakan bantuan dari Jepang.

startup

Kenali Beberapa Istilah yang Sering Digunakan Perusahaan Startup

cuaca ekstrem

Diperkirakan Terjadi Potensi Cuaca Ekstrem Selama Sepekan di Awal Januari 2020