in ,

Review Surat dari Praha, Ketika Cinta Terpisah Karena Idealisme

surat dari praha
foto: trailer film Surat Dari Praha

Ngobrolin.id Surat dari Praha rilis pada 2016 silam, film ini terinspirasi dari pengalaman eksil yang tinggal di Praha, Ceko. Dahulu, mereka merupakan mahasiswa yang sedang belajar di negara tersebut. Pada awal Orde Baru, mereka menolak untuk mengakui pemerintahan yang baru sehingga kewarganegaraan mereka dicabut dan mereka menjadi stateless.

Film ini dibintangi oleh Julie Estelle sebagai Laras, Tio Pausadewo sebagai Jaya, dan Widyawati sebagai Lastri. Selain itu, hadir juga aktor dalam film Filosofi Kopi, yaitu Chicco Jerikho dan Rio Dewanto. Surat dari Praha disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko.

Kisah dalam Surat dari Praha bermula ketika Laras harus mengantar wasiat mendiang ibunya, Lastri. Setelah wasiat tersebut disampaikan, Laras baru bisa mendapatkan harta warisan yang sangat ia butuhkan saat itu. Wasiat tersebut berupa sepucuk surat dan satu kotak kayu berukuran kecil yang berisikan lembaran-lembaran surat. Kotak tersebut harus dibawa ke alamat yang sudah tertera, yaitu Praha.

Kondisi yang kurang baik pada hari kepergian ibunya membuat sikap Laras sangat dingin kepada siapa pun. Akhirnya, Laras pergi ke Praha seorang diri membawa wasiat tersebut. Ternyata, wasiat tersebut ditujukan kepada Pak Jaya, seorang pria tua kebangsaan Indonesia yang bekerja sebagai cleaning service pada sebuah gedung pertunjukan. Jaya hanya tinggal seorang diri di sebuah apartemen tua bersama anjingnya yang bernama Bagong.

Namun, nahas, Jaya langsung menolak wasiat pemberian ibunya Laras tersebut dan langsung mengusir Laras secara halus. Karena merasa tidak diterima dengan baik, akhirnya Laras langsung pergi. Di tengah perjalanan, barang-barang Laras dicuri oleh orang asing, yang tersisa hanya kotak dan sepucuk surat wasiat tersebut.

Melihat kemalangan yang dialami Laras, Jaya berusaha menolong meski dengan sikap yang dingin. Sikap Jaya dan Laras yang sama-sama keras kepala membuat hubungan mereka tidak pernah harmonis.

Sampai akhirnya, Laras mengerti bahwa Jaya adalah mantan kekasih ibunya yang dianggap komunis karena menolak Soeharto dan menentang Orde Baru. Namun, Jaya menampik pernyataan Laras, ia memang menolak pemerintah saat itu, tetapi ia bukan komunis.

Sejak kewarganegaraan Jaya dicabut, Jaya sudah tidak pernah pulang ke Indonesia. Ia menghabiskan seluruh hidupnya di kota tersebut.

Film ini sarat akan bagian sejarah yang masih jarang diketahui oleh banyak orang dan dikemas dengan kisah percintaan yang tragis antara Jaya dan Lastri. Jaya yang berjanji untuk pulang secepatnya dan mencintai Lastri selamanya tidak bisa bertemu kembali hingga Lastri menutup mata.

Surat dari Praha terbilang sederhana, alur ceritanya sangat mudah dimengerti dan kamu bisa melihat keindahan Kota Praha. Secara keseluruhan film ini bagus dan recommended untuk ditonton. Tak heran, skor di beberapa platform review film cukup tinggi.

Namun, ada bagian yang kurang dari film ini, yakni peran orang-orang asing di beberapa bagian. Peran mereka masih terlihat tidak natural sehingga membuat bagian tersebut terasa aneh. Selain itu, ada beberapa percabangan cerita yang kurang dijelaskan dengan detail sehingga membuat penonton menerka-nerka apa yang sudah terjadi.

 

skincare

Gak Cuma Bikin Glow Up, Skincare Juga Baik untuk Kesehatan Mental

mimpi buruk

Tahukah Kamu Kalau Mimpi Buruk Tidak Boleh Diceritakan