in ,

Revisi Libur Cuti Bersama Idulfitri 2020

ternyata libur cuti digeser ke tanggal ini

cuti bersama idulfitri
foto: pexels

Ngobrolin.id — Sebelum wabah pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, Pemerintah sudah menetapkan libur lebaran yang jatuh pada 22—25 Mei dan dilanjutkan dengan cuti bersama dari 26—29 Mei 2020. Namun, sejak virus corona berkembang di Indonesia, banyak hal yang berubah, salah satunya adalah libur cuti bersama Idulfitri 2020.

Hari libur lebaran 2020 hanya dilakukan pada hari libur nasional untuk Idulfitri yang jatuh pada 24—25 Mei 2020. Pemerintah mengatakan libur cuti bersama yang mulanya sudah ditetapkan akan dipindahkan ke waktu lain.

Pemerintah juga menarik menarik hari cuti bersama untuk 22 mei 2020 melalui surat edaran untuk tetap masuk bekerja bagi para pegawai BUMN dan ASN. Perubahan yang terjadi secara mendadak tersebut dilakukan untuk mencegah para pegawai yang tetap nekat mudik di tengah wabah.

Seperti yang diketahui, lebaran memang sangat identik dengan mudik ke kampung. Banyak pendatang dari berbagai daerah mengadu nasib di Kota Jakarta. Tak heran, biasanya pada hari lebaran Jakarta menjadi sangat sepi dan jauh dari kata macet.

Tahun ini pemerintah mengeluarkan larangan mudik untuk mencegah penularan virus corona semakin melebar. Namun, pemerintah harus berupaya keras untuk mencegah masyarakat, mengingat sudah banyak orang yang melakukan mudik diam-diam. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memindahkan cuti bersama libur lebaran.

Sempat muncul opsi untuk menggeser cuti bersama lebaran 2020 mendekati hari raya Iduladha 2020, tetapi keputusan tersebut hanya menjadi wacana. Kini, keputusan cuti bersama lebaran 2020 diganti menjadi 28—31 Desember 2020.

“Tambahan cuti bersama hari raya Idulfitri yang semula tanggal 26—29 Mei 2020, dicabut dan digeser ke akhir tahun pada tanggal 28—31 Desember 2020,” tutur Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy seperti dikutip dari laman nasional.kontan.co.id.

Selain mudik, libur lebaran menjadi momen libur panjang yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur bersama keluarga. Penggeseran hari cuti bersama dinilai menjadi upaya yang cukup tepat untuk mencegah pergerakan masyarakat secara besar-besaran. Pasalnya, bukan hanya mudik yang tidak bisa dilakukan, kegiatan liburan pun menjadi tertunda.

 

 

 

 

daging sapi segar

Kenali Ciri-ciri Daging Sapi Segar

ambiver

Kepribadian Ambiver, Setengah Introver Setengah Ekstrover