in ,

Ridwan Kamil Jadi Relawan Uji Coba Vaksin, Kini Sudah Masuk Tes Ke-3!

semoga vaksin cepat terealisasi

uji coba vaksin
foto: instagram @ridwankamil

Ngobrolin.id — Ridwan Kamil menjadi salah satu relawan yang bersedia untuk menjalani uji coba vaksin Covid-19.  Dirinya sering membagikan info terbaru tentang tes pengujian vaksin melalui instagram pribadinya, yaitu @ridwankamil.

Info tes uji coba vaksin pertama kali diunggah oleh Ridwan Kamil pada 28 Agustus 2020. Vaksin tersebut disuntikkan ke tubuh orang nomor satu di Jawa Barat melalui lengan kirinya. Pengujian tersebut dilakukan di Puskesmas Garuda Bandung.

Sejak saat itu, di dalam tubuh Ridwan Kamil sudah mengandung virus Covid-19 yang sudah dilemahkan atau dimatikan. Beberapa menit setelah disuntik vaksin, Gubernur Jawa Barat yang sering disapa Kang Emil ini mengaku pegal, terasa cenat-cenut, dan tangan kirinya terasa agak mati rasa.

Namun, setelah beberapa saat kemudian, dirinya mengaku sudah tidak merasa apa-apa, hanya rasa kantuk dan lapar yang tidak seperti biasanya.

Vaksin tersebut disuntikkan ke dalam tubuh untuk memancing antibodi yang dapat melawan virus tersebut. Jadi, ketika suatu saat virus yang aktif beneran masuk ke tubuh, tubuh sudah memiliki antibodi khusus yang dapat melawan virus tersebut.

Para relawan harus melaporkan setiap perkembangan kondisi kesehatannya melalui kertas rapor kepada tim peniliti. Dan relawan termasuk Kang Emil masih harus menjalani 3 kunjungan lagi dan satu kali penyuntikan vaksin.

Selanjutnya, pada 14 September 2020 uji vaksin tahap ke-2 dilangsungkan. Kang Emil masih menjalani tes uji vaksin di Puskesmas Garuda Bandung. Setelah proses tes uji vaksin kedua selesai, Kang Emil masih harus menjalani proses pengambilan sampel darah selama 2 kali untuk melihat reaksi tubuh, apakah tubuh sudah berhasil menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus Covid-19.

Belum lama ini, pada 30 September 2020, Kang Emil kembali menjalani tes uji vaksin ke-3. Pada saat tes ke-3, darah Kang Emil diambil untuk mengetahui apakah antibodi sudah muncul atau belum. Dan pengambilan darah ke-2 akan dilakukan pada pertengahan bulan Desember. Setelah pengambilan darah ke-2, barulah bisa disimpulkan apakah vaksin tersebut layak untuk diproduksi atau tidak.

sandal crocs

Justin Bieber X Crocs, Sandal yang Pernah Hits pada Masanya Jadi Viral Lagi!

anak belajar di rumah

Moms, Ini Tips Antistres Saat Temani Anak Belajar Daring di Rumah