in

Rollercoaster Tercepat di Dunia Ditutup Setelah Menelan Korban

rollercoaster tercepat
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Siapa yang berani dengan wahana rollercoaster yang mampu menghadirkan sensasi menegangkan sekaligus menyenangkan? Kereta rollercoaster umumnya melaju dengan kecepatan tinggi karena beberapa alasan. Tapi, apa rasanya menaiki rollercoaster yang berkecepatan sangat tinggi sehingga diberikan predikat rollercoaster tercepat di dunia?

Rollercoaster tercepat di dunia ada di Do-Dondonpa di Fuji-Q-Highland Park, Jepang. Saat ini wahana tersebut sudah resmi dihentikan karena menyebabkan pengunjung patah tulang.

Wahana rollercoaster yang sudah dioperasikan sejak Desember 2001 memiliki kecepatan tinggi hingga mencapai 112 mil per jam atau setara 180 km per jam hanya dalam waktu singkat, yakni 1,56 detik.

CNN mengabarkan sudah ada empat pengunjung yang mengalami patah tulang ketika menaiki wahana tersebut. Sementara itu, Vice World mengabarkan ada enam pengunjung yang mengalami patah tulang mulai dari tulang belakang, leher, hingga dada.

Kasus patah tulang tersebut terjadi sejak Desember 2020 hingga Agustus 2021. Pengunjung yang mengalami insiden patah tulang tersebut berusia 30—50 tahun. Mereka memerlukan waktu selama tiga bulan untuk masa penyembuhan.

Kejadian ini masih diperdalam oleh beberapa pihak. Menurut profesor bidang arsitektur yang mendalami rollercoaster, Naoya Miyasto dari Nihon University, kejadian ini belum pernah ia dengar sebelumnya.

Naoya berpendapat ada dua kemungkinan yang dapat menyebabkan insiden tersebut, yakni salah satunya karena kesalahan dari pengunjung yang tidak bisa memosisikan dirinya dengan baik. Namun, harusnya ini menjadi tanggung jawab karyawan di taman bermain tersebut untuk memeriksa posisi tempat duduk pengunjung.

purging dan breakout

Sering Keliru, Begini Perbedaan Purging dan Breakout

generasi X

Ini Dia yang Dimaksud Generasi X, Y, dan Semacamnya