in

Roti Khas India, Beragam Jenis Bermacam Rasa

roti khas India
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Menu dari berbagai jenis tepung yang satu ini ternyata sangat terkenal di India. Jenisnya pun beragam, begitu pula rasanya yang tak hanya sangat kaya. Penasaran apa saja roti khas India yang patut kamu coba saat berkunjung ke negara ini?

Parotta

Sekilas, parotta akan mengingatkan kita pada kue canai. Pembeda dua jenis roti ini ada bahan dasar roti parotta yang terbuat dari tepung maida, sedangkan canai dari tepung terigu. Parotta terbuat dari tepung maida, telur, mentega, dan air. Adonan dari bahan-bahan ini pun dibiarkan mengembang sebelum dipanggang di wajan.

Naan

Tepung terigu, garam, ragi, dan yoghurt adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat naan. Roti khas India yang satu ini kaya rasa. Sebab, dalam pembuatannya juga menggunakan berbagai jenis rempah, kismis, daging, sayur, dan keju.

Dosa

Super tipis, roti yang satu ini terbuat tepung beras dan kacang lentil hitam ini dibuat dengan cara dipanggang di atas wajan datar. Adonan ini dipanggang hingga warnanya berbuah jadi kecokelatan. Dosa dibuat tanpa tambahan perasa apa pun. Menu ini biasa digunakan warga India sebagai sarapan. Biasanya, dosa disantap dengan saus sayur atau buah yang dilumatkan.

Kulcha

Hampir mirip dengan roti naan, kulcha punya tekstur yang lebih empuk dan lembut. Bahan baku kulcha menggunakan teknik fermentasi dengan bahan kulcha yang sudah lebih dahulu digunakan. Rasanya tawar dan biasa disantap dengan kari chickpea. Jenis kari ini merupakan kari yang terbuat dari paneer, keju India, dan bisa juga disantap dengan kari daging sapi.

Bhatoora

Roti yang satu ini punya banyak julukan. Bathoora disebut juga sebagai bhatura, batura, pathora, atau tamil puri. Sama seperti beberapa roti khas India lainnya, bathoora dibuat dari tepung maida. Bahan lain yang digunakan adalah yoghurt, minyak, dan ragi. Adonan ini pun dibulatkan menjadi bentuk yang lebih kecil, kemudian dipipihkan dan digoreng. Roti ini akan mengembang dan memiliki tekstur lembut dan kenyal.

Bakhri

Roti khas India yang satu ini banyak dikonsumsi warga India daerah Rajasthan, Malwa, dan Goa. Berbeda dari roti lainnya, bakhri memiliki tekstur yang lebih kasar. Hal ini disebabkan bakhri hanya dibuat dengan bahan-bahan yang sangat sederhana, yakni tepung terigu, garam, dan air panas. Bakhri pun tidak mengalami peragian dan langsung dimasak dengan cara dipanggang.

 

jerawat berubah jadi kanker kulit

Jerawat Berubah Jadi Kanker Kulit Gara-gara Hobi Berjemur

cara penggunaan minyak argan

Begini Cara Penggunaan Minyak Argan Bagi Rambut