in

Sadar Tidak, Logo Baju Sering Ada di Sebelah Kiri?

apakah kamu baru menyadarinya?

logo baju di sebelah kiri
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kamu pernah menyadari bahwa hampir seluruh brand fashion atau logo apa pun biasanya diletakkan di sebelah kiri baju. Misalnya pada baju olahraga brand ternama yang sudah mendunia seperti Adidas dan Nike, serta baju seragam sekolah yang meletakkan logo sekolah atau Tut Wuri Handayani di sebelah kiri baju. Peletakan logo di sebelah kiri bukan tanpa maksud dan tujuan.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan logo  di sebelah kiri. Logo bagi brand sebuah baju sangat penting karena menjadi imej yang dikenal oleh publik saat pandangan pertama. Setelah memiliki logo yang dirasa mampu menarik perhatian publik, langkah selanjutnya adalah memikirkan peletakan logo yang menarik dan mudah untuk dilihat.

Berdasarkan penelitian, lebih kurang 89 persen orang lebih mengingat logo yang diletakkan di sebelah kiri dibanding sisi-sisi lainnya.

Selain itu, bahasa ibu orang Indonesia dimulai dengan membaca dari kiri ke kanan, kecuali beberapa bahasa yang dibaca dari kanan ke kiri seperti bahasa Arab, Ibrani, Persia, dan lain-lain. Hal tersebut akan membuat sebagian besar orang cenderung refleks melihat bagian sisi kiri seseorang dibanding sisi kanann.

Hal tersebut tentunya akan lebih memudahkan brand dikenal dan dilihat oleh orang-orang. Sebenarnya tidak hanya logo, letak penamaan pada baju seragam pun lebih sering diletakkan di sebelah sisi kiri.

Selain itu, menurut beberapa penelitian, orang-orang pengunjung situs web lebih sering memerhatikan logo pada bagian kiri dibanding sisi kanan.

Peletakan logo pada bagian kiri juga turut dipengaruhi oleh kebiasaan yang sudah dilakukan sejak dahulu. Oleh karena itu, orang-orang jadi lebih terbiasa melihat logo pada bagian kiri. Pada saat berjabat tangan, kebanyakan orang akan terbiasa melihat ke sisi kiri.

Hampir seluruh alasan mengapa logo diletakkan di sebelah kiri adalah karena kebiasaan orang-orang yang sudah dibangun sejak dahulu. Kebiasaan itulah yang membuat para pemilik brand atau peletakan nama akhirnya ditempatkan pada posisi tersebut. Namun, bukan tidak mungkin logo juga bisa ditemukan pada sisi kanan, hanya saja yang melakukan hal tersebut jumlahnya sangat sedikit.

 

 

 

meredam emosi

Cara Meredam Emosi dengan Mudah

mual saat berolahraga

Cara Mengatasi Mual Saat Berolahraga