in ,

Saffron Siputik Bunga Mahal yang Lagi Digandrungi Warganet

saffron
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Belakangan ini mulai marak influencer yang mempromosikan saffron di akun media sosial mereka, dan bahkan mereka mencobanya sendiri. Katanya si putik bunga ini memiliki banyak khasiat seperti membantu memperbaiki kualitas tidur seseorang. Tahukah kamu bahwa  saffron merupakan putik dari bunga Crocus sativus dan berharga sangat mahal.

Saffron masuk ke kategori rempah. Rempah ini terbilang cukup mahal karena proses perawatan bunga Crocus sativus sendiri cukup rumit sehingga membutuhkan biaya perawatan yang ekstra. Selain itu, untuk mendapatkan 1,8 kg saffron dibutuhkan bunga Crocus sativus sebanyak satu hektare. Sementara, untuk mendapatkan 0,5 kg saffron membutuhkan 170 ribu bunga Crocus sativus.

Bunga Crocus sativus hanya berbunga setiap enam minggu sekali pada akhir September hingga awal Desember.

Rempah ini akan sangat berguna jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan. Jika dikonsumsi berlebihan, kamu akan merasakan sakit kepala, nyeri perut, mual, mulut kering, dan rasa kantuk. Selain itu, jika dikonsumsi lebih dari 5 gram per hari dapat berisiko keguguran pada ibu hamil. Jadi, ingat ya, tidak ada yang baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Beberapa khasiat putik bunga ini antara lain meningkatkan mood dan mampu mengobati depresi, mengurangi berat badan, menangkal radikal bebas, menurunkan kadar lemak darah, dan dapat membantu pengobatan penyakit alzheimer.

Karena khasiatnya sangat banyak, penjualan putik bunga ini di Indonesia sendiri sudah sangat marak. Kamu sudah mencoba, belum. Kalau belum dan tertarik untuk mencobanya, kamu harus hati-hati memilih penjual, karena saat ini sudah banyak beredar produk  kw alias palsu.

Tentu saja ada saja pedagang nakal yang ingin cepat kaya, tetapi malah membahayakan orang lain. Jangan tergiur dengan harga yang murah tapi palsu, ya. Simak beberapa tips membedakan saffron yang palsu dan asli.

  1. Safron palsu akan terasa manis jika dirasa langsung di dalam mulut.
  2. Jika dicelup ke dalam rendaman air, saffron palsu akan cepat melunturkan warna kuning. Sementara, yang asli akan mengalami perubahan secara perlahan selama 10—30 menit.
  3. Masukkan saffron ke rendaman air, lalu sogok-sogok secara perlahan, saffron kw akan hancur
kado wisuda unik

Kado Wisuda Unik Antimainstream Selain Bunga

bisnis kekinian

Bisnis Kekinian yang Lagi Digandrungi Anak Muda