in ,

Sahabat, Sebaiknya Jangan Meminta Harga Teman

sebenarnya harga teman itu sehat gak, sih?

harga teman
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Salah satu kebiasaan kerabat terdekat saat ingin berbisnis dengan rekannya adalah senang meminta harga teman. Apa sih harga teman itu? Harga karena pertemanan? Jadi, pertemanan itu ada harganya? Harga teman itu sendiri maksudnya meminta harga yang lebih murah dari biasanya. Padahal, permintaan tersebut dapat berakibat buruk bagi bisnis, apalagi bisnis yang baru saja dirintis.

Kadang kala permintaan seorang teman, susah untuk ditolak karena takut berimbas ke hal-hal yang lain, seperti hancurnya hubungan pertemanan. Padahal, teman kamu berhak menolak permintaan yang menurutnya tidak mampu untuk dipenuhinya. Sama halnya dengan kamu, yang berhak menolak permintaan teman yang tidak mampu kamu penuhi.

Dalam hubungan bisnis, sebaiknya hindari hubungan personal. Jalin hubungan sesama rekan bisnis yang sama-sama ingin mendapatkan keuntungan. Kamu menginginkan barang/jasa yang dia jual, dan teman kamu mengharapkan keuntungan dari pembelian kamu. Proses tawar-menawar memang wajar terjadi. Namun, lakukan sewajarnya seperti tawar-menawar dengan penjual yang tidak kamu kenal.

Jangan paksa teman untuk menurunkan harga jualnya karena alasan harga teman. Kalau teman kamu tipikal orang yang tidak enak hati, pasti bisa saja memberikannya. Padahal, biasanya temanmu sudah memberikan harga yang lebih murah dan hanya mengambil keuntungan yang sedikit karena kamu temannya. Jika kamu terus menekannya dengan harga teman, dia bisa jadi akan merugi.

Justru teman yang baik adalah mereka yang mampu mendukung usaha yang sedang dilakukan oleh temannya. Misalnya, dengan bantu mempromosikannya atau dengan membelinya dengan harga normal atau kamu bisa mendukungnya dengan membeli lebih mahal.

Memulai bisnis bukan perkara yang mudah, tidak semua orang punya mental bisnis. Selain itu, perjalanan menuju kesuksesan dalam bisnis itu jalannya gak mulus, bisa untung habis itu rugi. Kebayang kan bagaimana susahnya teman kamu memulai bisnisnya. Apalagi, jika teman kamu yang menghasilkan produk itu sendiri, seperti para seniman atau penjual kue.

Terkadang, harga teman menjadi hal yang cukup menyebalkan yang sering dirasakan oleh penyedia jasa desain. Padahal, proses pembuatan desain tidak semudah yang dibayangkan, misalnya hanya mengambil gambar di Google Image, lalu edit sedikit dan jadi! Temanmu perlu menuangkan kreativitasnya hingga menghasilkan desain yang ciamik. Semua itu didapatkan dari proses belajar yang panjang.

Jadi, yuk mulai hargai karya dan usaha teman sendiri sesuai dengan kapabilitas serta kualitas yang diberikan kepada kamu untuk hubungan pertemanan yang lebih sehat dan indah.

toilet anjing

Osaka International Airport, Bandara Pertama yang Menyediakan Toilet untuk Anjing

curhat

Ini Alasannya Kamu Harus Curhat