in

Sama-Sama dari Jepang ini Beda Udon, Ramen, dan Soba

udon, ramen, dan soba
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Suka sama makanan Jepang, tentu sudah nggak asing dong sama udon, ramen, dan soba? Ya, makanan ini memang cukup populer dan banyak peminatnya, termasuk di Indonesia. Beberapa restoran ala Jepang sudah memasukkan ketiga menu ini sebagai menu andalan.

Ketiga makanan ini sekilas tampak sama. Ketiganya merupakan adonan yang dibentuk mi, kemudian disajikan dengan berbagai jenis kuah dan topping yang berbeda-beda. Tapi, sebenarnya, apa, sih, bedanya?

Udon

Udon dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan air, dan sedikit garam kemudian dicampur menjadi mi putih tebal dan lebar. Bentuk udon lebih besar daripada mi jepang yang lainnya. Menurut standar, udon sebaiknya memiliki lebar 1,7 milimeter.

Ada tiga cara pembuatan udon, yaitu dengan teknik teuchi (udon buatan tangan), kikaiuchi (udon buatan mesin), dan tenobe (udon yang dilebarkan dengan tangan).

Udon dimakan dengan kuah kaldu ikan bonito dan ikan asin. Udon juga bisa dinikmati dengan lauk tempura, telur mentah, atau katsu.

Ramen

Ramen terdiri atas dua jenis, yaitu ramen berbentuk lurus dan ramen berbentuk keriting. Semangkuk ramen biasanya disajikan dengan kuah kaldu, miso, shio, tonkotsu, dan shoyu. Kadang, chasiu, menma, dan irisan daun bawang juga ditaburkan di atasnya.

Masakan ini berasal dari daratan Cina. Di Jepang, ramen adalah makanan yang sangat populer dan tersedia dalam bentuk instan. Selain itu, di negara ini umumnya ramen yang disajikan mengandung babi, baik daging maupun kuahnya.

Soba

Soba dibuat dari gandum dan memiliki berwarna hitam agak kehijauan. Hal ini karena penambahan bubuk teh hijau pada saat pembuatannya. Soba bisa disajikan dalam bentuk soba dingin atau mori soba dan soba panas atau zoru soba.

Soba dingin dimakan dengan mencelupkannya ke dalam saus dan kaldu. Moru soba dimakan dengan berbagai gorengan tempura, telur mentah yang disebut tsukimi, dan sebagainya.

Soba panas atau zoru soba juga bisa dimakan dengan aneka gorengan. Mi ini disajikan dengan kuah kaldu.

Agar semakin menikmati makanan yang satu ini, kamu harus memakannya sampai bersuara, lho. Konon, rasanya akan lebih nikmat jika dimakan demikian.

White tea

Cobain White Tea, Teh Istimewa yang Harganya Selangit

game yang bikin kezel

Game yang Bikin Kezel!