in , ,

Sama-sama Merah Putih, Ini Dia Perbedaan antara Bendera Indonesia dan Monako

bendera Indonesia dan Monako
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Tahukah kamu bahwa Monako sempat tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia karena warna bendera mereka sama? Bahkan, negara tersebut pernah meminta Indonesia untuk mengubah warna bendera. Namun, ternyata hingga saat ini kedua bendera tersebut tetap dibiarkan sama. Eits, sebenarnya bendera Indonesia dan Monako memliki perbedaan, kok!

Perbedaan tersebut terletak pada dimensi bendera, yakni perbandingan panjang dan lebar antara merah dan putih. Bendera Indonesia memiliki perbandingan 2:3, sedangkan Monako perbandingan panjang dan lebar benderanya 4:5.

Selain itu, perbedaan juga terletak pada spot warna merah yang diterapkan oleh bendera kedua negara secara digital. Perbedaan tersebut ditunjukkan melalui Pantone Matching System (PMS) dan CMYK Process.

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, bendera Indonesia menggunakan PMS Red: 032 dan untuk bendera Monako memakai Red: 032 C. Sementara, jika mengikuti CMYK, perpaduan warna merahnya terdiri atas 0 persen Cyan, 90 persen Magenta, 86 persen Yellow, dan 0 persen Black.

Perbedaan lainnya juga terdapat pada makna dari warna bendera. Warna merah dalam bendera Indonesia melambangkan keberanian bangsa dalam mengusir musuh selama masa penjajahan. Sementara, warna putih melambangkan kesucian hati bangsa dalam segala tindakannya.

Adapun warna merah dan putih pada bendera Monako merupakan warna identik dari House of Grimaldi. Grimaldi adalah dinasti yang berperan dalam sejarah berdirinya Negara Monako. Merah dan putih merupakan cerminan dari nilai-nilai positif seorang manusia. Warna merah menggambarkan daging dalam tubuh manusia dan putih diartikan sebagai kemurnian dalam kehidupan spiritual.

Memang, berdasarkan waktu dipatenkan, Monako menjadi negara pertama yang memiliki bendera berwarna merah putih. Dilansir dari kompas.com, bendera Monako dipatenkan pertama kali pada 4 April 1881 di masa pemerintahan Pangeran Charles III. Sementara, bendera Indonesia baru diresmikan pada 17 Agustus 1945. Tak heran, Monako sempat meminta Indonesia untuk mengganti warna atau mengubah corak pada bendera Indonesia agar tidak sama persis.

Namun, Indonesia menolak permintaan tersebut karena merah dan putih diambil berdasarkan sejarah panjang Negara Indonesia yang sudah berlangsung selama ratusan tahun, bahkan sebelum monopoli kerajaan di Monako ada.

Akhirnya, kedua negara beda benua tersebut sepakat meletakkan perbedaannya pada dimensi rasio.

Google Bakalan Gak Bisa Diakses Android Versi Tua

memasuki umur 20 tahun

Ketakutan yang Sering Dialami Saat Memasuki Umur 20 Tahun