in ,

Sambut Hari Batik Nasional, Sudah Tahu Motif Batik Populer Nusantara?

Selamat Hari Batik Nasional, guys! Sudah pakai batik hari ini?

Hari Batik Nasional
Foto: instagram fortunabatik

Ngobrolin.id — Selamat Hari Batik Nasional! Sejak satu dekade yang lalu, Hari Batik diperingati pada 2 Oktober setiap tahunnya. Bukan tanpa sebab, tanggal tersebut dipilih bersamaan dengan masuknya batik dalam Daftar Perwakilan Budaya Tak-Benda oleh UNESCO. Sebagai pewaris batik, kita harus bangga, dong!

Di Indonesia sendiri batik sudah lama dikenal sebagai jenis kain dengan banyak kegunaan. Motifnya pun beragam dan memiliki ciri khas masing-masing. Ada beberapa motif batik modern yang paling banyak dikenal di Indonesia. Sudah tahu? Yuk, cek lagi apakah kamu sudah punya atau belum motif batik ini. Hitung-hitung, sambil berbangga menyambut Hari Batik yang jatuh hari ini.

Batik parang rusak

Hari Batik Nasional
Foto: instagram baik_solo_lestari

Salah satu motif batik paling populer adalah batik parang rusak. Tak banyak yang tahu, ada makna yang cukup dalam di balik motif ini. Batik parang rusak memiliki makna peperangan manusia melawan sifat buruk dan nafsu dalam hidup.

Batik keraton

Dahulu, motif batik ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Hanya kalangan ningrat yang boleh memakai batik motif keraton. Batik keraton berasal dari wilayah Keraton Yogyakarta. Nuansa yang dipancarkan dari batik ini adalah elegan, sakral, dan sarat dengan nilai filosofis kehidupan.

Batik megamendung

Motif batik megamendung sangat khas dan menjadi ciri batik dari Cirebon. Tidak seperti kebanyakan motif batik yang menggunakan cokelat sebagai warna latar, batik megamendung dapat dibuat dengan beragam warna menarik. Motifnya sendiri berupa awan dengan latar gelap dan diberi gradasi pada bagian awan tersebut. Kekinian banget dan cocok untuk anak muda!

Batik Pekalongan

Jangan bicara batik tanpa melibatkan kabupaten yang satu ini. Pekalongan menjadi salah satu sentra batik paling populer di Indonesia. Begitu pula dengan motif batiknya yang banyak digemari untuk beragam keperluan. Motif batik pekalongan cenderung berupa bunga dan tumbuhan lain serta beragam fauna.

Batik kawung

Motif batik yang satu ini sangat populer dan banyak ditemui di mana saja. Motif sederhana batik kawung tersusun dari pola bulatan yang mirip dengan buah kolang-kaling atau bunga teratai. Bulatan pada batik kawung tersusun secara geometris. Seiring berkembangnya zaman, motif batik kawung ini semakin beragam dan dipadukan dengan motif lainnya.

Hobi kulineran

Hobi Kulineran? Yuk, Jadiin Duit

Lowongan kerja bodong

Ciri Lowongan Kerja Bodong, Jangan Tergiur