in

Sandal Tradisional Indonesia yang Cocok untuk Kondangan

sandal tradisional
Foto: instagram

Ngobrolin.id — Pengunaan sandal di kehidupan sehari-hari emang udah luas banget. Mulai dari belanja ke pasar sampai pergi ke acara formal. Nggak cuma pengaruh dari luar negeri, Indonesia pun punya beragam sandal tradisional yang cocok banget buat dikenakan saat acara formal, termasuk kondangan.

Selop tradisional

Sandal ini pasti udah nggak asing lagi, terutama buat laki-laki suku Jawa. Sandal selop memang digunakan dalam banyak acara formal, termasuk menghadiri pernikahan. Bahkan, para mempelai biasanya juga masih memakai sandal ini, lho.

Ciri-ciri selop adalah tertutup sampai bagian depannya sehingga jari-jari kaki tidak terlihat. Warnanya sendiri, umumnya hitam atau warna cokelat gelap. Selop memiliki pola pada permukaannya.

Kelom geulis

Dari namanya sudah tertebak dong sandal ini khas Indonesia bagian mana? Sandal kelom geulis sudah banyak bersaing di kancah internasional, lho. Selain karena bahannya nyaman, bentuknya yang unik dan pola yang khas bikin sandal ini makin digemari.

Sandal tarumpah

Sandal ini termasuk cukup mahal karena terbuat dari kulit asli dan campuran karet sebagai solnya. Semakin sulitnya mendapatkan bahan baku, jadi tantangan tersendiri buat pengrajin. Membeli dan mengenakan sandal tarumpah sudah bikin kita ikut melestarikan budaya dan membantu perekonomian para pengrajin, lho.

Sandal ini berbentuk hampir mirip seperti sandal jepit dengan pada bagian punggung kaki lebih tertutup. Seperti selop, sandal ini juga merupakan sandal yang lebih umum digunakan para pria.

Sandal anyaman

Sandal ini terbuat dari anyaman berbagai bahan, bisa dari daun pandang, daun medong, lidi, ataupun eceng gondok. Pola anyaman yang menarik dipadukan dengan sol yang kuat bikin sandal ini jadi salah satu pilihan kamu buat pergi ke kondangan.

Anyaman, baik warna maupun pola bisa kamu pilih lho saking banyaknya pilihan. Yang pasti, harganya pun masih masuk akal dan bisa dijangkau. Selain itu, karena bahannya terbuat dari bahan-bahan alami, kamu juga sekaligus mendukung gerakan go green nih.

Tarumpah bestong

Berbahan baku sama seperti sandal tarumpah, sandal ini juga punya harga yang lumayan mahal. Tapi, hal tersebut sepadan karena sandal ini selain nyaman dan terbuat dari bahan kulit berkualitas juga memiliki model yang bisa digunakan ke mana saja.

Sandal tarumpah bestong memiliki penutup untuk bagian punggung kaki, namun terbuka pada bagian jari-jari kaki. Sandal asli Tasikmalaya ini masih diminati karena model dan kualitasnya.

Coachella Festival 2019

Ini Deretan Musisi yang akan Mengisi Coachella Festival 2019

cara menghindari alergi

Begini Caranya Menghindari Alergi agar Tidak Kambuh