in ,

Sandiaga Uno Berambisi Ingin Jadikan Tempe Sebagai Warisan Budaya Dunia

tempe
foto: Ngobrolin

Ngobrolin.id — Masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal tempe, salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mulai mendunia. Olahan dari kacang kedelai ini ingin dijadikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai warisan budaya dunia yang diakui UNESCO (United Nations Educational Scientific, and Cultural Organization).

Keinginan tersebut disampaikan langsung oleh Sandiaga saat weekly press briefing. Setelah rendang yang sudah mulai go international, sekarang giliran tempe yang merupakan pangan kearifan lokal yang akan meneruskan jejak rendang.

Untuk menjadikannya sebagai warisan dunia, tempe perlu dipromosikan lebih luas. Sandiaga ingin membawa makanan dari kedelai ini pada promosi kuliner dan pariwisata di dunia internasional. Untuk memastikan promosi tersebut bisa terlaksana, Sandiaga saat ini terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

Upaya tersebut diharapkan mampu memberikan dampak besar pada terciptanya lapangan pekerjaan para pelaku ekonomi kreatif di bidang kuliner yang menggunakan bahan baku tempe. Selain itu, upaya tersebut juga bisa berdampak pada kesejahteraan petani kedelai.

Sandiaga akan berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait untuk mengembangkan makanan ini sebagai warisan kuliner budidaya dunia.

Tempe sendiri sudah ada sejak zaman dahulu saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Pada abad ke-19, masyarakat terpaksa memakan makanan yang terbuat dari kedelai ini karena kondisi yang amat sulit. Namun, nyatanya makanan yang terkenal murah ini mampu menjaga kesehatan masyarakat karena mengandung protein nabati yang tinggi. Proses penemuan bahan pangan ini memang berlangsung secara tidak sengaja.

Saat ini proses pembuatan tempe di Indonesia masih berjalan secara tradisional, dibungkus dengan daun pisang dan jenis dedaunan lainnya. Jenis tempe sudah sangat beragam dan biasanya setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam membuat makanan dari kedelai ini.

Tempe dapat dibuat untuk berbagai kudapan lezat, dari kudapan yang paling mudah dibuat hingga susah. Para vegan sering memanfaatkan bahan makanan ini sebagai sumber protein nabati. Kamu juga bisa mengolah tempe menjadi seperti daging, lho! Misalnya, steak tempe.

susu kental manis

Membuat Kental Manis Sendiri yang Ternyata Bukan Susu!

tradisi minum teh

Sejarah Tradisi Minum Teh di Indonesia, Apa pun Makanannya, Minumnya Pasti Ada Teh!