in

Sate Taichan, Sate Ayam Unik Tanpa Bumbu Kacang

varian sate taichan
Foto: instagram taichansumoo

Ngobrolin.id — Sebagai milenial, kamu pasti tau dong varian sate taichan? Sate ini memang sempat booming di kalangan anak muda. Rasanya yang unik dan berbeda dari sate ayam pada umumnya bikin sate taichan jadi primadona.

Sate taichan terbuat dari daging ayam seperti sate kebanyakan. Umumnya, bagian yang digunakan adalah bagian daging tanpa kulit. Bedanya terletak pada bumbu sate. Bumbu sate taichan merupakan sambal dengan perasan jeruk nipis.

Pembuatan sate taichan juga terbilang unik. Jika daging sate kebanyakan dibumbui terlebih dahulu kemudian dibakar, sate taichan tidak demikian. Sate ini dibuat dari daging yang dibakar hanya dengan bumbu garam, jeruk nipis, dan sedikit cabai.

Oleh karena proses pembuatannya yang sangat sederhana, sate taichan berwarna putih dengan sedikit kecokelatan hasil pembakaran. Tidak seperti warna sate pada umumnya yang dibakar hingga kecokelatan.

Kamu bisa menemukan sate ini di banyak tempat, karena memang sudah sangat tersebar di Indonesia. Umumnya, sate taichan dijual di malam hari. Jika kamu pencinta kuliner pedas, wajib banget coba makanan yang satu ini. Dijamin perpaduan daging ayam, sambal, dan segarnya jeruk nipis bikin kamu ketagihan!

Ada beberapa versi mengenai kemunculan sate taichan. Versi pertama menyebutkan bahwa sate taichan pertama kali dikenalkan oleh pasangan seorang Jepang-Indonesia yang sedang membeli sate di kawasan Senayan, Jakarta.

Pria asal Jepang tersebut tidak menyukai bumbu sate khas Madura. Lalu, ia pun membakar sendiri sate yang ada di warung tersebut dari ayam mentah dengan hanya dilumuri garam dan jeruk nipis. Setelah matang, ia meminta sambal ke pedagang sebagai bumbu sate.

Ketika sang penjual bertanya sate jenis apa yang ia makan, si pria hanya berkata “Sate Taichan” tanpa memberi tahu maksud dari penamaan tersebut.

Versi lain dari asal usul sate taichan adalah adanya ekspatriat dari Korea Selatan yang sering makan sate ayam di sebuah warung sate di bilangan Senayan. Ia pun berinisiatif mengajari cara membuat sate yang menjadi cikal bakal sate taichan. Tentu saja ekspatriat tersebut sudah saling kenal dengan pemiliknya, ya.

Bumbu yang digunakan untuk membuat sate tersebut hanyalah cabe rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam. Bumbu tersebut dihaluskan dan menjadi sambal pada sate taichan.

 

cobaan menjelang pernikahan

4 Cobaan Menjelang Pernikahan yang Kerap Dihadapi Pasangan

Promosi bisnis online gratis

Tempat Promosi Bisnis Online Gratis!